Waduh.!!! Kok Elpiji 3 Kg Di Lotim Bisa Langka..?

133

Opini, LOMBOKim.com. Saat ini gas Elpiji 3 kg (tiga kilogram) merupakan barang yang paling dicari oleh masyarakat khususnya ibu rumah tangga sejak konversi minyak tanah ke gas.

Gas Elpiji 3 kg (tiga kilogram) sudah menjadi kebutuhan pokok yang sulit tergantikan dengan yang lain salah satu alasannya karena harganya yang disubsidi oleh Pemerintah sehingga harga yang sampai ketangan konsumen lebih murah.

Pada dasarnya Masyarakat sangat ketergantungan dengan Elpiji karna sudah menjadi kebutuhan pokok, ketergantungan tersebut kemudian dimanfaatkan oleh oknum-oknum untuk meningkatkan harga eceran, selain dari karna kelangkaan.

BACA JUGA  Tambang Pasir Besi Menguntungkan Siapa..?

Menurut Disperindag “kelangkaan terjadi karna meningkatnya kebutuhan masyarakat”, asumsi tersebut tidak berdasarkan fakta empirik. Berdasarkan data bahwa kabuten Lombok Timur memiliki kuota 27.280 ton per tahun. Atau sekitar 9. 920.667 buah tabung gas Elpiji 3 Kg per-tahun.

Selanjutnya, yang di distribusikan oleh Pertamina pada bulan Januari-agustus sejumlah 13.600 Ton atau sekitar 4. 533.333 buah tabung. Jika di presentasikan sekitar -+50% selama 8 bulan.

Artinya bahwa, dalam waktu 8 bulan distribusi gas Elpiji 3 Kg mencapai -+50% dan memiliki sisa -+50% untuk didistribusikan 4 bulan kedepan terhitung dari bulan September. Apabila persentase distribusi dalam setengah tahun 50% dari jumlah kuota terhitung dari Januari-juni dan dari Juli-desember 50%. Atau setiap bilulan di distribusikan 8,5% maka tidak akan ada istilah langka Elpiji 3 Kg.

BACA JUGA  Mari Bahagia Agar Kita Sehat

Lalu kemudian, pertanyaan yang muncul adalah:

  • 1. apakah yang mengakibatkan kuota Gas Elpiji 3 Kg untuk Lombok Timur sesuai data tersebut tidak didistribusikan sebagaimana seharusnya.
  • 2. Sisa kuota Elpiji yang sekitar 4 Juta tabung kenapa tidak distribusikan sedangkan kelangkaan Elpiji 3 Kg sekitar 1 bulan lalu sudah majamah.
  • 3. Ada apa Antara pertamina, Disperindag, SPBE, penyalur….?

Jangan-jangan ada kongkalikong dengan kaum cukong.

Leave A Reply

Your email address will not be published.