Terbongkar! Begini Keindahan dan Sejarah Pantai Penyisok yang Tersembunyi

346

Sekaroh, LOMBOKim.com – Pantai Penyisok adalah salah satu pantai yang terletak di Selatan Pulau Lombok tepatnya di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

Akhir-akhir ini pantai tersebut ramai diperbincangkan di sosial media, terutama bagi para petualang dan pecinta alam, karena pantai ini memiliki keindahan yang berbeda. Lautnya yang masih jernih dan belum terjamah, serta bukit dan tebing yang tinggi memberikan kesan yang berbeda, lautnya pun merupakan laut lepas sehingga menimbulkan angin kencang yang tak ada duanya.

BACA JUGA  Reses, Fauzul Haryandi Gelontorkan 3000 Sembako untuk Warga Selatan

Pantai Penyisok sendiri masuk ke dalam kawasan hutan yakni di Register Tanah Kehutanan (RTK) 15, Resort Pengelolaan Hutan Jerowaru, Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan Rinjani Timur dibawah Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai ini pun masih dalam proses pengurusan kemitraan antara tokoh pemuda dengan KPH Rinjani Timur.

Berdasarkan hasil wawancara peserta PKL Kehutanan UNRAM yakni Hafizul khatomy dkk bersama Rajab selaku Tokoh Pemuda (Anggota BPD Desa Sekaroh), Rajab menuturkan “Pantai Penyisok adalah salah satu peninggalan nenek moyang kita, Pantai penyisok berarti pantai yang dibisok (dicuci), pada zaman dahulu disana terdapat Putri yang dimandikan tepat di pantai tersebut sehingga pantai tersebut dikenal dengan pantai penyisok”, ungkapnya (23/07).

BACA JUGA  Asik! Lotim Mulai Berlakukan New Normal

Hafizul khatomy melanjutkan, selain keindahan yang terdapat di pantai penyisok para pengunjung akan disuguhkan keindahan alam yang luar biasa dalam perjalanan menuju pantai penyisok, salah satunya yakni lingkok siwak (sumur sembilan) yang konon katanya jika mempunyai hajat atau mau ketemu jodoh bisa kesana dengan membawa beberapa syarat yang sudah ditentukan.

Yakin kalian nggak penasaran sama keindahannya? Yuk berkunjung ke pantai penyisok, kami tunggu kehadirannya ya (Susi Susanti).

1 Comment
  1. Hafiz says

    Mantepp2

Leave A Reply

Your email address will not be published.