Takut Pertanda Gempa, Lombok Tengah Geger Dengan Cacing Ini

165

Lombok Tengah, LOMBOKim – Lombok Tengah secara khusus, dan umumnya Lombok sedang geger dengan kejadian yang terjadi di Dusun Bagek Nunggal, Desa Tratak, Kecamatan Batukliang Utara. Hal tersebut karena Fenomena kemunculan ribuan cacing yang terjadi di wilayah setempat ditakutkan sebagai pertanda gempa Lombok diramalkan terjadi kembali.

Kemunculan ribuan cacing tersebut viral di berbagai macam platform sosial media, di antaranya Facebook. Sebuah akun warga di FB bernama Bintang Terang dalam video siaran langsung pada Senin (4/5/2020) lalu, menampilkan gerombolan cacing muncul di pekarangan warga.

BACA JUGA  Masyarakat Jenuh, Pemerintah Harus Makin Kreatif

“Pertanda apakah ini terjadi 4.5.2020,” tulis dalam akun tersebut yang juga menjadi sorotan media – media nasional.

Dalam video berdurasi 6 menit 4 detik itu, terlihat seorang ibu berbaju kuning duduk dan kebingungan untuk melapisi kakinya saat berjalan di atas ribuan cacing tersebut.

“Ya Allah kebanyakan cacing ini, dari mana dia datang, pakai apa nanti untuk melapisi kaki,” kata seorang perempuan dalam video itu, menggunakan bahasa Lombok.

Kapolsek Batukliang Utara Iptu Komang Ronaka membenarkan kejadian tersebut.

BACA JUGA  Peduli, Pemdes Rempung Bagikan 1550 Paket Sembako Gratis

“Ya betul, kejadian terjadi di Dusun Bagek Nunggal, dekat Kantor Cat, tidak banyak yang tahu,” kata Komang, saat dikonfirmasi, Rabu (6/5/2020).

Sementara itu, beberapa warganet menanggapi beragam soal kemunculan cacing tersebut. Yang membuat geger diantaranya spekulasi atas tanda – tanda akan adanya bencana besar seperti gempa.

“Nauzubillah gempa lombok terjadi lagi, ” harap Netizen, Rani Sholehah

Diberitakan, Ribuan cacing tersebut sudah menghilang tidak ada lagi di permukiman warga

Menanggapi fenomena tersebut, Kepala Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi menyampaikan, jika ada pandangan bahwa keberadaan cacing tersebut bertanda akan ada gempa, hal tersebut belum dapat dibenarkan.

BACA JUGA  Deputi I KSP Bidang Infrastruktur Mendorong Penggunaan Sumber Daya Lokal dalam Pembangunan Fasilitas MotoGP

“Fenomena cacing di daerah tersebut berdiri sendiri, tidak didukung oleh adanya bukti-bukti alamiah lain dan anomali prekursor gempa bumi,” kata Ardhianto sebagaimana Kompas, 7 Mei 2020

Ardhianto juga menyampaikan, kemunculan cacing yang terjadi di berbagai tempat di dunia menjelang terjadinya gempa besar, ternyata selalu didukung dengan data perilaku gejala alamiah. (Omz/Lis)

Leave A Reply

Your email address will not be published.