Siaga! Pemdes Jotang Siapkan Pos Pemeriksaan Suhu Tubuh

319

Jotang, LOMBOKim.com — Hasil tes menunjukkan 3 orang positif berada di desa tetangga yang berdekatan dengan Desa Jotang, Kecamatan Empang, Kabupaten Sumbawa. Hal ini membuat Pemdes Jotang siaga untuk mencegah laju penularan Covid-19 agar tidak sampai masuk ke warga Jotang.


Saraswati warga Desa Jotang menyampaikan kepada LOMBOKim, terkait Pemdes Jotang dalam mencegah laju penularan Covid-19 dimulai dari penyemprotan disinfektan, penutupan jalan dimana hanya satu jalan utama yang dibuka, dan menyiapkan pos pemeriksaan suhu tubuh di beberapa titik strategis. “Warga yang keluar masuk Desa Jotang disiapkan tempat cuci tangan serta bilik disinfektan disamping pos pemeriksaan suhu tubuh, serta bagi warga yang tidak menggunakan masker tidak diizinkan untuk keluar masuk Desa Jotang,” terangnya (28/04/2020).

BACA JUGA  Desa Jerowaru Salurkan Bantuan ABPD II Tahap Kedua


Semua yang dilakukan Pemdes Jotang didasarkan tuntutan dari pemuda desa juga, untungnya temen-temen remaja masjid dan karang taruna disini aktif sehingga semua berjalan dengan lancar.

Setiap pos berisi 4 sampai 5 orang yang beranggotakan dari Pemdes dan pemuda desa, jika ada seseorang yang ditemukan memiliki suhu tubuh tinggi maka petugas post meminta warga balik dan isolasi mandiri dirumah masing-masing, dan nanti langsung dihubungi dokter/perawat desa lanjutnya.

BACA JUGA  Korem 162/WB Naik Status, Kapolda NTB Beri Apresiasi Begini


Orang yang seperti itu dianggap ODP (Orang Dalam Pemantauan) desa dimana nanti dokter/perawat memberikan vaksin dan masker serta mengarahkan tetap dirumah dan akan terus diperiksa secara bertahap.

Menurut saya sudah sangat bagus yang dilakukan Pemdes Jotang, hanya saja saya kurang setuju dengan bilik disinfektan, karena disinfektan tidak baik jika disemprotkan ke manusia tutupnya.
Semoga semua pemdes bisa sigap dalam mencegah laju penularan Covid-19 ini dan semoga wabah ini cepat berlalu agar kita semua bisa melaksanakan aktivitas seperti biasanya. (Susi Susanti)

BACA JUGA  Wagub NTB Berharap Pramuka Menjadi Garda Terdepan Edukasi Protokol Covid-19

Leave A Reply

Your email address will not be published.