Selain Bentuk Tim Satgas, Ini Upaya Ketangga Jeraeng Lawan Covid 19

624

Ketangga Jeraeng, LOMBOKim.com –  Sejak terkonfirmasinya pasien positif terinfeksi covid-19 (corona)  pertama di provinsi NTB. Pemerintahpun sigap menanggapi. Hal tersebut karena penyebaran virus  ini sangat cepat dan menimbulkan kekhawatiran di masyarakat.

Dari pemerintah kabupaten, kecamatan, desa bahkan sampai dusun di pelosok – pelosok, khususnya Lombok Timur terpantau memiliki cara tersendiri dalam penanganan untuk pencegahan wabah yang sudah merenggut nyawa ribuan orang ini. Rata – rata tentu sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sudah ditetapkan pemerintah.

Desa Ketangga Jeraeng, diantaranya. Pemdes yang dipimpin Muhammad Zaini, SH ini menyikapi korona diantaranya dengan cara membentuk Tim Satgas pencegahan penyebaran covid-19.

Kepada LOMBOKim.com Kades Dua Priode tersebut menjelaskan upaya yang dilakukannya, “Untuk mencegah penyebaran covid-19 jajaran kami sudah melakukan penyemprotan dan pembagian disinfektan, melakukan sosialisasi terkait pencegahan melalui pengeras suara di setiap masjid, mushola, media cetak dan tetap melakukan pendataan bagi warga yang pulang baik dari luar daerah maupun luar negeri,” tutur Zaini kepada LOMBOKim, Jumat (03/04/2020).      

BACA JUGA  Lawan Corono, HIPO Bagikan Masker Gratis Ke Masyarakat Suradadi

Pihaknya juga  menghimbau, dalam melakukan pencegahan penyebaran covid-19 masyarakat desa Ketangga Jeraeng jangan hanya mengandalkan pemerintah saja namun semua elemen masyarakat harus terlibat dalam melakukan pencegahan dengan menerapkan pola hidup sehat dan social distannce.

“Jika ada tetangga yang akan pulang dari Luar Daerah ataupun Luar Negeri , diberikan arahan agar secepatnya melaporkan diri ke Tim Satgas Covid-19, selain itu utuk warga yang baru pulang dari Luar Daerah ataupun Luar Negeri diinstruksikan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari,” lanjutnya.

BACA JUGA  Tak Terhalang Pandemi, KSPM UIN Mataram Eksis Belajar Trader

Upaya lainnya, Pemdes Ketangga Jeraeng melalui Tim satgasnya akan melakukan penyemprotan disinfektan setiap hari Ahad dan akan mendistribusikan cairan disinfektan yang disediakan Pemdes Ketangga Jeraeng untuk masyarakat di setiap kepala wilayah sehingga  masyarakat juga bisa melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara mandiri .  

Kebijakan pemerintah desa dalam memerangi covid-19  terpantau mendapatkan sambutan antusias dari warga terutama ketika melakukan penyemprotan disinfektan.  “ Alhamdulillah, dengan adanya penyemprotan ini kami berharap bisa membunuh virus,” sambut Warga  (Lalu Haris Indrawan/Kontr P-KIM Desa Ketangga Jeraeng/LOMBOKim.com)

Leave A Reply

Your email address will not be published.