Pusat Tata Ruang dan Sakralnya Gunung Rinjani

121

AHAD ARTIKEL, LOMBOKim.com – Kosmologi sebagian masyarakat yang tinggal di dekat Taman Nasional Gunung Rinjani bisa dimaknai bahwa Rinjani merupakan pusat dari semesta tata ruang.

Hasil baca berita di Kompas; Purnipah salah seorang pemangku adat di Desa Sembalun Bumbung, kepada media itu mengatakan Rinjani adalah pelindung Pulau Lombok, dan Segara Anak adalah bong (penyimpan air) dunia Lombok.

Bagi sebagian warga Sembalun ataupun Senaru, Gunung Rinjani dipercaya dikendalikan oleh ratu jin yang bernama Dewi Anjani. “Selama tata cara adat dipenuhi, Dewi Anjani akan melindungi,” kepercayaan yang beredar.

Bambang Setiawan di kompas.com mengulas, 1 Oktober 2004 pagi, Sukrati, porter dari Kampung Adat Senaru, baru sampai di kaki Gunung Barujari, anak Gunung Rinjani yang muncul di kaldera Segara Anak. Ia dan Dick, pendaki gunung asal Jerman, baru saja berjalan mengelilingi anak gunung itu ketika bumi tempat mereka berpijak bergetar hebat.

BACA JUGA  Petani Tembakau, Petani Paling Capek Diantara Semua Petani

Selama 30 menit, porter dan turis ini tenang-tenang saja dan belum menyadari apa yang akan terjadi. Keduanya baru panik ketika gempa kemudian diikuti ledakan dahsyat dari Gunung Barujari. Dick yang bisa berenang segera menyeburkan diri ke Danau Segara Anak dan berenang ke seberang. Sukrati yang tidak bisa berenang berlari cepat menyusuri tepian danau.

Informasi selengkapnya bisa dirowsing di Kompas.com dengan judul “Mitigasi di Ruang Kosmologi”,https://makassar.kompas.com/read/2012/01/01/

BACA JUGA  HRF, Lingkar Selatan Kota Mataram dan Dilan 1991

Leave A Reply

Your email address will not be published.