Puasa! Ini Makanan yang Baik untuk Berbuka

122

LOMBOKim.com – Ketika puasa dibulan Ramadhan, Kita dianjurkan untuk berbuka puasa dan sahur dengan makanan yang bergizi, agar puasa yang kita jalankan selama satu bulan penuh, dapat berjalan dengan lancar. Namun, selain kurma yang merupakan makanan favorit Rasulullah ketika berbuka puasa dan memiliki kandugan karbohidrat yang cukup banyak yang berfungsi untuk mengembalikan stamina tubuh.

Taukan Kita, Makanan yang dianjurkan untuk berbuka?

Menurut Ahli Diet Klinis di Burjeel Hospital Abu Dhabi, Rahma Ali mengatakan  mengkonsumsi makanan dengan Indeks Glikemik rendah (GI) harus seimbang dan setiap kelompok makanan harus ada, seperti sayuran, sereal, daging, produk susu, dan buah-buahan.

“Selain itu, jangan lupa asupan cairan yang cukup selama Ramadhan. Kita bisa meminum jus buah atau air yang banyak saat berbuka puasa dan sebelum tidur untuk menghindari dehidrasi,” kata Rahmat Ali dikutip dari Arabian Gazette.

Memakan makanan kacang-kacangan menurut Ia baik untuk berbuka puasa karena mengandung lemak baik yang peting, terutama ketika tubuh kita mendambakan lemak setelah berjam-jam berpuasa. Makanan ini dapat membantu kita merasa keyang dan bertenaga.

Selain kacang-kacangan, jenis sayuran seperti mentimun, selada, dan sayur lainya yang kaya akan serat, bersifat menghidrasi yang baik. Makanan ini membantu tubuh terasa dingin, bisa menjaga kesehatan kulit dan menghindari sembelit selama bulan ramdahan.

Itulah Kimmer makanan yang baik untuk berbuka puasa. Pastikan tetap menjaga pola makan yang sehat dan begizi agar puasa Kita tetap lancar dibulan penuh berkah ini. (Izhar Ependi)

Comments are closed.