Lisa Widodo, Perempuan Hebat Dibalik Biblidotcom

541

INSPIRASI dari IDNTimes. Lisa Widodo menjadi salah satu perempuan inspirasiku. Membaca tentangnya di IDNTimes, semoga bisa menjadi inspirasi di dunia bisnis online dan starup lainnya yang berbasis digital.

Lisa Widodo memiliki latar belakang pendidikan jurusan Mechanical Engineering, Lisa Widodo, lulusan Honours dari The University of Texas di Austin dan MSc dalam Materials Science and Mechanical Engineering dari Universitas yang sama.

Lisa yang sempat memimpin beberapa proyek penting sebagai Project and Process Engineer di SEMATECH, USA kemudian memutuskan kembali ke Indonesia di tahun 2005 karena ingin mulai berkontribusi lebih banyak kepada Indonesia dalam kapasitas yang dimiliki.

Sejak didirikan di tahun 2011, hingga berhasil menjadi salah satu perusahaan e-commerce yang terkemuka saat ini, Blibli.com adalah perusahaan yang selalu memiliki mimpi untuk dapat memberdayakan para generasi Indonesia melalui ekosistem e-commerce.

“Saya menyadari bahwa tujuan hidup saya adalah menggunakan apa yang sudah dipelajari dan dapatkan dari pengalaman selama di Amerika, berpartisipasi untuk mengembangkan Indonesia. Saya ingin membangun bangsa ini”, kata Senior Vice President of Operations dan Senior Vice President of Product Management Blibli.com. “Saat ini saya merasa sudah terpenuhi karena bekerja untuk perusahaan yang juga sangat mencintai Indonesia dan berbagi mimpi untuk memberdayakan Indonesia”, Lisa menambahkan.

BACA JUGA  Satlantas Sumbawa Barat Peduli Banget Sih, Bagi - bagi Nasi Kotak di Taliwang

Lisa Widodo yang kini juga adalah seorang Ibu dari 2 orang putri ini mengungkapkan bahwa dirinya sama sekali tidak pernah berpikir untuk terjun ke industri digital dan teknologi. Semuanya terjadi begitu saja, seperti sudah ada yang mengarahkan. Saat masih menjadi mahasiswa di jurusan teknik mesin, untuk berkesempatan mendapatkan in-state tuition (biaya kuliah yang 3x lebih murah dari biaya kuliah Internasional), Lisa harus bekerja selama 20 jam per minggu.

Pekerjaan yang dia dapat adalah bekerja di laboratorium komputer dengan pekerjaan teknis terkait infrastruktur.  Selanjutnya, setelah lulus gelar Master of Mechanical Engineering, Lisa mendapatkan pekerjaan yang terkait dengan masa depan semikonduktor, yang biasanya hanya diberikan kepada lulusan Electrical Engineering, dimana Ia melakukan beragam  eksperimen dan menulis publikasi tentang silicon wafers yang merupakan dasar mikroprosesor yang digunakan untuk banyak perangkat hardware.

Begitupun pada saat bekerja di Citi Indonesia, Lisa terlibat dalam departemen Operations and  Technology. Hingga pada akhirnya Lisa mendapatkan kesempatan bergabung dengan Blibli.com untuk membangun e-commerce yang berpotensi untuk menjadi yang terbaik di Indonesia.  “Intinya, saya adalah orang yang percaya dan mendengarkan kata hati meskipun banyak pengalaman yang saya alami adalah pengalaman baru juga untuk saya”, jelasnya lagi.

Banyaknya pengalaman yang sudah ia rasakan di dunia digital dan teknologi, Lisa Widodo mengakui bahwa perkembangan teknologi sekarang lebih cepat dari kecepatan cahaya. Lisa Widodo Ingin Memberdayakan Generasi Indonesia Melalui Teknologitwitter.com/bliblidotcom

Masih banyak peluang dan ruang luas untuk eksplorasi. Secara pribadi ia sangat terbuka terhadap segala perubahan yang menawarkan kemudahan, kenyamanan dan efisiensi waktu dalam kehidupan sehari-hari. Ia menyayangkan bahwa di luar sana masih banyak yang menutup diri untuk merangkul dunia digital.

BACA JUGA  Masih Ngutang Di Musim Corona, Bingungnya Disini

“menjadi salah satu pendukung dan good ambassador bagi banyak orang di sekitar juga merupakan bagian tanggung jawab saya berada di industri digital’, tambahnya.

Sementara tanggung jawabnya secara profesional adalah untuk memastikan ekosistem yang sehat, artinya tidak ada perilaku abusif atau aktifitas fraud di dalam ekosistemnya. “Kita semua bertanggungjawab untuk memastikan bahwa ekosistem sangat penting untuk kelanjutan dan masa depan digitalisasi”.

Lisa bersyukur menjadi salah satu wanita yang memiliki kesempatan untu berkarier di dunia digital dan teknologi, bahkan lanjutnya lagi berdasarkan survey Nielsen, wanita lebih banyak melakukan aktivitas digital dibanding pria. Karena wanita senang bersosialisasi, menggunakan jejaring sosial, membagi pengalamanannya lewat blog, mecoba belanja online dan berpartisipasi survey dan ulasan produk. Wanita lebih mengerti tentang wanita, dan hal tersebut adalah terbaik menurutnya.

Sumber : IDNTimes.com,

Leave A Reply

Your email address will not be published.