Pemdes Ketangga Jeraeng Didesak Lebih Tegas Soal Corona

334

KETANGGA JERAENG, LOMBOKim – Lembaga Pemantau Pembangunan dan Aset (LPPAS) RI melalui Konsultan Perencanaan dan pemberdayaan, Lalu Hardi Sasnapian mendesak pemerintah desa Ketangga Jeraeng agar bertindak lebih tegas terkait strategi penanganan dan pencegahan mewabahnya virus Corona (Covid 19).

Desa Ketangga Jeraeng sebagai bagian dari pemerintahan desa di Lombok Timur menjadi sorotan utama tokoh muda tersebut karena pihaknya berdomisili di desa ini. Berdasarkan saran pemerintah untuk tetap di rumah aja, maka selama di rumah aja, pihaknya tergelitik melihat penanganan Covid 19.

Wajar saja, berdasarkan list data di https://corona.ntbprov.go.id menunjukkan bahwa Lombok Timur adalah kabupaten dengan jumlah pasien terbanyak diantara 10 Kota/Kabupaten lain di NTB. Data per 1 April 2020 di situs terkait menunjukkan pasien terkonfirmasi sebanyak 4 orang (2 orang di Lotim, 2 orang di Mataram) terdata positif virus covid 19. Bahkan data terbaru, *Last Updated Tuesday, 31 March 2020 Pukul 18:27 menunjukkan pasien positif corona bertambah lagi menjadi 4 orang.

Atas dasar cintanya kepada Desa tempat Ia dilahirkan, Hardipun menuliskan permohonan terkait dengan bunyi harapan yang diterima LOMBOKim (Rabu, 1 April 2020) berikut :

  1. Mohon kepada pemerintah desa untuk mengambil langkah- langkah preventif dan tindakan kongkrit serta tindakan tegas terhadap oknum yang tidak mengindahkan serta menghalang – halangi kebijakan pemerintah.
  2. Karena Pemda Lombok Timur sudah mengeluarkan aturan terkait penangan Covid 19 maka mohon agat ditindak lanjuti dan dilaksanakan sesuai dengan Standar operasional prosedur yang ada.
  3. Terimakasih sudah melakukan penyemprotan cairan disinspektan di sebagaian wilayah desa Ketangga Jeraeng. Tapi kami juga berharap agar supaya pemerintah desa segera untuk melakukan tes rapid kesehatan untuk memastikan seluruh masyarakat tidak ada yang terindikasi atau terdiagnosa covid 19.
  4. Apabila dari hasil tes rapid kesehatan tersebut ada yang di nyatakan ODP maka yang bersangkutan harus siap melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dan apabila ada yang dinyatakan terdiagnosa PDP maka harus segera di rawat dan di rujuk ke rumah sakit yang di tunjuk
  5. Update memberlakukan social distance serta physical distance kepada seluruh masyarakat desa Ketangga Jeraeng selama masih dalam isu pandemi covid 19 dan lebih aktif mensosialisasikan saran – saran terkait dari instansi yang berwenang.

Diantara beberapa tulisannya, ada juga yang redaksi saring, demi tetap menjaga agar warga juga tak panik. Karena himbaun agar tak panic juga mesti diperhatikan.

Pemangku kebijakan di desa Ketangga Jeraeng memiliki hak jawab atas redaksi atau tulisan ini, Hubungi TIM KIM kami di Desa Ketangga Jeraeng terkait partisipasi public ini (Izhar Ependi)

Comments are closed.