Cantiknya Perempuan Sasak dalam Parade 1000 Dulang di Lombok Timur

109

SELONG, LOMBOKim.com Diantara rangkaian acara yang ikut memeriahkan peringatan Hari Jadi ke 124  di Lombok Timur adalah Parade Dulang yang digelar Sabtu, 31 Agustus 2019. 

Diperkirakan ada ekitar 1500 dulang ditutup tembolaq merah, dibawa ribuan perempuan sasak  Lombok Timur hari itu Mereka menggunakan pakaian khas sasak yaitu lambung, lengkap dengan tongkaq atau lempot yang melilit pinggang, melambangkan kesopanan dan kesuburan akan tanah air. 

Begitu juga dengan peserta pria, mereka menggunakan pakaian adat sasak yang disebut pegon, lengkap  dengan dodot, keris dan sapuk yang melambangkan penghormatan dan penyerahan diri kepada Yang Maha Kuasa. Para pemucuk atau tokoh masyarakat, berada di barisan kedua  sebelum barisan Paskibraka yang membawa bendera merah putih. 

BACA JUGA  Di Bima, Kapolda NTB Jalin Silaturrahmi dengan Tokoh Pemuda, Mahasiswa dan Organisasi Cipayung Plus

Sedangkan Bupati Lombok Timur H.M.Sukiman Azmy bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah  dan tamu undangan, menyambut peserta parade ini di depan Pendopo Bupati. Ribuan dulang yang dibawa berisikan makanan khas masyarakat sasak. 

Selain dulang ada kendi (tempat air minum)  yang terbuat dari tanah liat yang mengawal barisan dulang agung yang dibawa peserta. Deretan panjang parade dulang tersebut merupakan simbol semangat gotong-royong warga Lombok Timur yang tetap terpelihara hingga saat ini. 

“Dulang ini sebagai simbol gotong-royong masih terpelihara di tengah masyarakat kita,” terang Iswan Rakhmadi, Kabag Humas dan Protokol Setda Lombok Timur 

Rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-124 Lombok Timur menjadi daya tarik tersendiri bagi warga dan wisatawan yang berkunjung ke Lombok Timur “of course,  I so them all to my friend and my family, and will tell them about the culture here, about the livelyhood of the local  ( red : tentu, saya akan cerita ini ke sahabat dan keluarga saya ),” ungkap Kiara, wisatawan asal Australia yang ikut parade menggunakan pakaian adat sasak sebagaimana berita di Satunusa.co 

BACA JUGA  SMK Gunung Rinjani Lombok Siap Rintis GenRe dan PIKR

Peserta Parade seribu dulang ini berasal dari tiap desa dan kelurahan di Kabupaten Lombok Timur. Dimeriahkan juga bersama seni tradisional gendang beleq (Lis)

1 Comment
  1. Affiliate Marketing says

    I simply couldn’t go away your website prior to suggesting that I extremely loved the standard info an individual provide on your visitors? Is going to be back steadily in order to investigate cross-check new posts.

Leave A Reply

Your email address will not be published.