Motivasi Bagi Para Pelaku Bisnis UMKM Pemula

175

MOTIVASI SUKSES, LOMBOKim. Anda tidak perlu khawatir lagi untuk memulai ataupun mengembangkan usaha, khususnya yang dikategorikan sebagai UMKM. Berbagai opsi sudah seharusnya Anda ketahui dan plus minusnya juga dong.Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi usaha Anda, kira-kira jenis usaha apa yang kira-kira produktif sesuai kemampuan Anda atau minat Anda dalam berbisnis

Anda juga harus meyakini bahwa UMKM ini adalah sebuah perjuangan atau ikhtiar untuk kehidupan keluarga dan masyrakat yang lebih baik. So Jangan lupa bersedekah dong jika berhasil dalam bisnis Anda, maka inilah motivasi sukses yang dilansir dari citrausaha dan sumber-sumber lain yang memotivasi.

Kunci sukses seorang wirausaha pemula maupun pengusaha muda didalam dunia bisnis tidak terlepas dari inspirasi serta motivasi yang menjadikan mereka untuk terus melangkah tanpa henti.

Trik paling ampuh dengan gaya yang berbeda-beda setiap orang dalam meraih kesuksesan adalah hak pribadi yang tidak bisa diganggu oleh siapapun.

Namun, tidak jarang orang yang tengah berusaha hampir mencapai keberhasilan merasa lelah dan putus asa, sehingga usaha yang sudah dirintis dalam waktu lama mengalami kerugian dan gulung tikar. Sukses adalah dambaan bagi siapapun dan tidak mungkin dapat diraih tanpa didukung keseriusan serta fokus terhadap apa yang dibangun.

Motivasi untuk meraih kuci sukses berbisnis dan membangun usaha Mungkin anda pernah dengar nama Elang Gumilang, seorang mahasiswa ITB yang hidup dalam keadaan pas-pasan. Walau kondisi hidup yang tidak mendukung, dengan modal keseriusan dan fokus pada apa yang dijalani, saat ini sudah menunjukkan hasilnya dengan bisnis perumahan omset yang didapat hingga milyaran rupiah.

BACA JUGA  Corona Mirip Rambutan, Warga Lombok Ini Manfaatin Gubernur DKI Untuk Bisnis Buah

Pada kesempatan kali ini, saya akan berikan beberapa tips agar anda bisa meraih kunci sukses berbisnis, silakan di simak tipsnya berikut ini :

1 . Memulai dari hal paling disukai

Pengusaha pemula bisa belajar dari seorang pendiri perusaahan ternama dengan logo buah apel “Apple” yaitu Steve job pernah berkata “Do What You Love”.

Dengan menjalani bisnis yang anda cintai maka rasa jenuh dalam menjalani bisnis tidak akan muncul karena inovasi dan terobosan baru selalu dihasilkan.

Menikmati setiap proses dalam membangun bisnis apabila didasari kecintaan bukanlah hal yang susah untuk dilakukan seperti menjalani hobi yang menghasilkan uang.

2. Tetapkan tujuan jauh kedepan

Tujuan bisnis itu di ibaratkan gawang dalam sebuah pertandingan sepak bola. Coba anda bayangkan jika permainan sepak bola tidak menggunakan gawang. Apa yang akan terjadi? Semua pemain pasti akan kebingungan dengan tujuan mereka bermain sepak bola. Untuk apa bermain sepak bola dengan menggiring kesana kemari tanpa tujuan yang jelas dan tidak bisa mencetak gol sama sekali

Begitu juga dengan menjalankan usaha, jika anda tidak mempunyai tujuan yang jelas untuk bisnis, maka bisnis anda akan jalan ditempat tidak ada perubahan signifikan bahkan bisa gulung tikar dengan cepat. Buatlah tujuan bisnis yang akan dicapai dalam jangka waktu pendek dan panjang.

Sebagai contoh, anda memiliki bisnis rumah makan aneka hidangan laut, maka anda bisa membuat goal secara detail yaitu memiliki 15 cabang dalam 1 tahun kedepan, kemudian anda buat rencana atau planning yang akan anda lakukan agar goal tersebut bisa tercapai.

3. Bijaksana mengatur keuangan bagi pengusaha pemula

Banyak pengusaha pemula yang tidak mencapi keberhasilan karena terkendala tidak bisa mengatur keuangan dengan baik. Seringkali mereka mencampur aduk antara pendapatan usaha dengan keuangan pribadi.

Maka dari itu, anda juga harus memiliki pengetahuan yang baik dalam mengatur keuangan usaha atau bisnis yang bisa anda baca pada artikel kami sebelumnya cara mengelola keuangan bisnis dan usaha.

Ada 3 hal yang perlu diketahui dan pahami cara mengatur keuangan bisnis secara benar, yaitu cashflow (keluar masuk uang), keuntungan dan kerugian serta neraca keuangan yang bisa dibuat dalam laporan keuangan sederhana.

Besar keuntungan dan kerugian yang dialami biasanya merupakan hitung-hitungan diatas kertas. Sedangkan cashflow itu ada uangnya yang langsung dapat dihitung serta jangan sampai tidak sesuai dengan keuntungan bisnis anda.

4. Manajemen waktu yang baik bagi bisnis pemula

Bagi Anda yang merupakan bisnis pemula, tentu saja ada istilah ceroboh. Oleh sebab itu jangan ceroboh dalam memenejemen waktu. Gunakan waktu anda untuk membuat sistem dan mengembangkan bisnis yang anda miliki. Dalam 1 hari semua mahkluk hidup termasuk manusia hanya diberikan waktu 24 jam, tapi kenapa ada orang kaya dan ada orang miskin?

BACA JUGA  Dari Sukamulia, Ini Tips Sukses Bertani Hidroponik

Karena orang kaya bukanlah orang yang malas, mereka selalu memanfaatkan waktu agar bisnis yang mereka jalani bisa bertahan dan semakin berkembang. Untuk itu tidak salah jika anda berusaha membangun aset selagi masih muda dan produktif.

5. Strategi pemasaran yang kreatif dalam usaha bagi pemula

Bagi Anda yang pemula, penting diketahui bahwa bisnis tidak melulu hanya menjual saja melainkan juga ada yang menghasilkan barang atau produk tertentu sehingga di butuhkan pemasaran agar dikenal masyarakat luas, produk bisa terjual dalam waktu yang cepat serta bermanfaat bagi penggunanya.

Ada 2 macam pertanyaan yang mungkin bisa membantu anda untuk membuat sistem pemasaran lebih unik dan kreatif :

  • Mengapa orang harus membeli produk di tempat anda?
  • Apa keuntungannya membeli produk di tempat anda?

Dengan memahami 2 pertanyaan tersebut anda bisa mendapatkan ide stratgei pemasaran yang tepat, unik dan kreatif untuk memberikan kesan paling spektakuler bagi produk anda.

Demikianlah motivasi dan tips sukses yang semoga bermanfaat, terimakasih sumbser, terimakasih atas kunjungan Anda, semoga kita semua sukses dunia akhirat. Amin

Leave A Reply

Your email address will not be published.