Mensos Instruksikan Gerakan KPM Pegang KKS Sendiri

107

LOMBOKim.com – Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengintruksikan gerakan KPM (Keluarga Penerima Manfaat) pegang KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) sendiri. Hal ini disampaikan saat rapat koordinasi PKH (Program keluarga Harapan) melalui daring, Rabu, 3 Juni 2020.

“Berdasarkan informasi yang saya terima, masih banyak KKS yang tidak dipegang langsung oleh KPM PKH. Saya minta kepada koordinator PKH di lapangan untuk memastikan KKS benar-benar dipegang sendiri oleh KPM untuk mengurangi resiko penyalahgunaan,” ujar Masos Ari dalam laman resmi Kemensos.

Selain itu, Ari melanjutkan, gerakan KPM pegang KKS sendiri dimaksudkan agar KPM mandiri dalam pengambilan bantuan sosial tunai serta meningkatkan kesadaran dan kemampuan KPM untuk berlatih bertransaksi menggunakan KKS.

Pendamping PKH maupun ketua kelompok tidak boleh memegang katu ATM ataupun KKS KPM. Bahkan orang kepercayaan diluar KPM itu sendiri juga tidak boleh.

BACA JUGA  Menuju Kampung Sehat, Desa Tapir Rutin Ganti Tempat Cuci Tangan Warga Yang Tidak Berfungsi

Hal ini berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Perlindungan Dan Jaminan Sosial Nomer. 04/3/OT.02.01/1/2020 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai, bab II Sosialisasi dan Edukasi, huruf f menyatakan bahwa penggunaan/penarikan rekening bantuan sosial PKH termasuk jenis tabungan/kartu, maksimal transaksi, aktivasi, penggantian PIN dan fasilitas lainnya harus dilaksanakan sendiri oleh KPM. (Iz)

Leave A Reply

Your email address will not be published.