click for more https://fapfapfaphub.com

Mengikuti Trend, Mahasiswa KKN Tematik UNRAM Melakukan Sosialisasi dan Pelatihan Pengelolaan Website di Desa Darek

552

Darek, LOMBOKim – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Mataram periode 27 desember sampai 10 februari 2022 di Desa Darek, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah memberikan fasilitas berupa website desa serta mengadakan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat Desa Darek, tentang bagaimana cara mengelola website untuk membuat Desa Darek selangkah lebih maju dari desa-desa yg lain, serta menjadikan Desa Darek sebagai desa yang moderen dan milineal. Penyerahan website disertai dengan pelatihan dilaksanakan bersama perangkat desa dan pemuda Desa Darek, senin (24/1/2022).

Sosialisasi dan pelatihan ini menyasar kepada 12 Kepala Dusun, perangkat desa beserta pemudah di Desa Darek. Masyarakat sangat bersemangat dilihat dari banyaknya masyarakat yang ikut dan memenuhi aula kantor Desa Darek. Deni Ariyanto selaku ketua KKN Desa Darek menjelaskan mengenai cara kerja website desa yang diberikan oleh Tim KKN Tematik UNRAM untuk mewujudkan Desa Darek yang moderen dan milenial dengan melibatkan teknologi dalam pengurusan adminitrasi masyarakat Desa Darek. Hal ini memudahkan dalam pengurusan surat menyurat yang biasanya hanya bisa dilakukaan secara langsung di kantor Desa Darek, sekarang dapat dilakukan secara online melalui website desa.

BACA JUGA  Petani Bakar Tembakau di Kantor DPRD, Lumayan Bermanfaat Sih

Selain itu, Desa Darek memiliki banyak potensi yaitu; tenun, anyaman bambu, tas gandek yang terbuat dari pelepah kelapa, serta jajanan yang berupa kerupuk me, getok, stik daun kelor yang terdapat di 12 dusun Desa Darek sekarang bisa dipasarkan secara online melalui Website Desa yang mampu menjangkau pelanggan lebih luas dan bersaing secara global di era milenial ini.

Sosialisasi dan pelatihan ini dilakukan secara terbuka agar masyarakat Desa Darek bisa ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. “Alhadulillah kegiatan sosialisasi dan pelatihan yang kami laksanakan berjalan lancar yang dihadiri oleh perwakilan dari setiap dusun yang ada di Desa Darek”.

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini dihadiri secara lansung oleh Kepala Desa Darek, H. Ismail Sahabudin, S.Ip sekaligus memberikan sambutan dan apresiasi kepada mahasiswa KKN. Kegiatan pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kontribusi masyarakat desa dalam menerapkan dan mendukung setiap program yang di tawarkan oleh website desa ini.

H. Ismail Sahabudin, S.Ip menekankan untuk semua kadus yang ada di Desa Darek dapat menerapkan dan mensosialisasikan kembali kepada masyarakat yang berada di bawah naungan setiap kadus masing-masing, lanjutnya..

BACA JUGA  Memasuki Musim Peralihan, Pemprov NTB Ingatkan Warga Untuk Waspada Akan Bencana

Dalam kegiatan tersebut, Ropiudin Yahya dan Ikhsan selaku pemateri dari Mataramweb dibantu tim KKN memaparkan materi bagaimana cara pengelolaan dan penggunaan website serta mempraktikannya secara langsung kepada para partisipan cara melakukan surat-menyurat, mempromosikan produk maupun jasa melalui website yang telah di sediakan.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan prosesi penyerahan website desa secara simbolis yang diwakilkan ketua kelompok KKN bersama Kepala Desa Darek. “Semoga ilmu yang diberikan oleh Tim KKN bisa bermanfaat dan membuat Desa Darek lebih maju lagi untuk kedepannya, serta menjadikan Desa Darek ini desa yang lebih moderen di era milenial agar mampu bersaing dengan desa-desa lainnya,” ujar H. Ismail Sahabudin, S.Ip selaku Kepala Desa Darek. (man/susan/red)

Comments are closed.

Look At This teluguhotsexstories.me