click for more https://fapfapfaphub.com

Mengedukasi Masyarakat, KKN TEMATIK UNRAM Adakan Sosialisasi Pengelolaan dan Penerapan Budaya Mengurangi Sampah Berbasis Rumah Tangga di Desa Lajut

256

Lajut, LOMBOKim _ Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Mataram Desa Lajut dengan tema zero waste mengadakan kegiatan sosialisasi pengelolaan dan penerapan budaya mengurangi sampah berbasis rumah tangga. Kegiatan ini dihadiri oleh kepala desa, seluruh kepala dusun, dan masyarakat di Desa Lajut. Acara ini dilaksanakan pada hari Selasa, 18 Januari 2022 di Aula Kantor Desa Lajut.

Kegiatan ini sebelumnya dilakukan hanya bersama anak-anak, namun setelah dijalankan kita juga perlu mengajak masyarakat yang lain untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dari sampah dengan mengelola sampah menggunakan metode-metode sederhana dimulai dari lingkup terkecil, yaitu keluarga. “Kegiatan ini dilaksanakan guna menamabah wawasan, pengetahuan maupun pengalaman dalam mengelola sampah agar masyarakat mempunyai solusi atas permasalahan sampah yang ada di Desa Lajut”, ungkap Ketua KKN Tematik Desa Lajut, Minzorus Sunan (18/01/2022).

BACA JUGA  Proses Rekrutmen Praja IPDN Dapatkan Apresiasi Mendagri

Selama ini Pemerintah Desa Lajut telah berupaya untuk mengelola sampah mereka menggunakan metode pengangkutan sampah, namun mengalami berbagai kendala. Ditambah lagi persoalan dana desa semenjak pandemi Covid-19 alokasinya sebagian besar diperuntukkan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), sehingga sulit menganggarkan pengadaan fisik terutama pengadaan prasarana dan sarana kebersihan. “Kita sempat mengadakan alat angkut sampah berupa kendaraan roda tiga, namun karena beberapa kendala pengangkutan sampah ini terhenti sementara sampah terus ada, maka perlu adanya solusi alternatif pengelolaan sampah”, ujar Suryaningrat selaku kepala Desa Lajut dalam sambutannya.

Narasumber pada kegiatan sosialsasi pengelolaan dan penerapan budaya mengurangi sampah berbasis rumah tangga ini adalah Monito Supratman, S.Si dari Rumah Magot Lombok dan Lalu Adrian Hadi dari KKN Tematik Desa Lajut. Pada sesi tanya jawab masyarakat aktif bertanya membuat sosialisasi ini berjalan dua arah dan interaktif.

BACA JUGA  Lawan Hoax dengan meningkatkan Sinergi dan Koordinasi

Semoga dengan kegiatan ini kita bisa mengurangi sampah yang ada di Desa Lajut.(man/susan/red)

Comments are closed.

Look At This teluguhotsexstories.me