Mari Bahagia Agar Kita Sehat

164

Sakra Barat – LOMBOKim.com, Ditengah Pendemi Covid-19 saat ini, kesehatan merupakan salah satu hal yang paling penting untuk dijaga. Dan untuk bisa menjaga kesehatan, kita memerlukan sistem imunitas atau daya tahan tubuh yang bagus. Karena dengan sistem imun tubuh yang baik dapat melindungi kita dari berbagai macam penyakit bahkan sejak pertama kali kuman penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh.

Ada berbagai macam cara yang bisa kita lakukan agar sistem imun tubuh kita bisa tetap terjaga, salah satunya adalah dengan cara bahagia dan mengurangi stres. Kenapa dengan bahagia atau stres dapat mempengaruhi kesahatan kita? Hal itu terjadi karena antara tubuh dengan fikiran saling terkait satu sama lain. Seperti yang dilansir dari Kompas.com bahwa tubuh dapat memproduksi hormon yang dapat menguatkan imun tubuh saat seseorang sedang gembira atau tenang seperti hormon serotonin, dopamin, relaksin, atau oksitosin. Dan ketika hormon-hormon ini masuk kealiran darah, maka hormon tersebut mengirimkan sinyal agar tubuh menciptakan lebih banyak sel imun.

Begitupun sebaliknya, ketika seseorang sedang stres maka tubuh akan memproduksi hormon kortisol dan adrenalin. Hormon tersebut sebenarnya baik untuk membantu seseorang menghadapi situasi yang berbahaya atau mengancam, sehingga mampu untuk keluar dari situasi tersebut. Tapi, ketika kita mengalami stres yang berkepanjangan maka tubuh kita akan terus menerus memproduksi hormon tersebut yang akan membuat tubuh kita ‘melupakan’ sejenak tugas untuk melawan virus atau bakteri yang masuk sehingga kita bisa menjadi sakit.

Dalam kehidupan setiap orang pasti akan mengalami stres, terlebih lagi saat ini ketika kegiatan sosial kita dibatasi dan harus berdiam diri di rumah demi memutus mata rantai Covid-19. Stres ditengah pandemi ini, bisa diakibatkan oleh berbagai macam masalah seperti rasa cemas karena takut terpapar atau takut menularkan penyakit atau mungkin stres yang diakibatkan karena terlalu banyak pekerjaan dan tekanan yang diterima selama proses karantina atau isolasi.

Stres memang sangat sulit dihindari, akan tetapi bukan berarti kita tidak bisa untuk mengurangi efek dari stres tersebut. Kita hanya perlu tahu cara mengelola stres agar kita bisa menjalani hidup dengan baik. Dilansir dari alodoter.com dan halodoc.com, ada beberapa cara agar kita bisa mengelola stres ditengah pendemi ini:

  1. Bersyukur dan mencoba selalu berfikir positif.
    Dengan selalu bersyukur dan mencoba untuk selalu berfikir positif dapat mengurangi stres. Rasa syukur dan berfikir postif dapat membantu kita dalam membangun koneksi yang baik dengan diri kita dan orang-orang di sekitar kita, sehingga hal ini dapat meminimalisir tingkat stres yang terjadi.
  2. Mengedukasi diri dan keluarga tentang Covid-19
    Kita bisa belajar tentang Covid-19 dan cara penangannya melalui media sosial. Akan tetapi tidak semua informasi tentang covid-19 ini harus kita terima. Kita harus bisa memilih informasi yang benar-benar akurat dengan mengambil informasi tersebut dari sumber yang terpercaya seperti WHO, Kemnkes, dan BNPB.
  3. Batasi diri menggunakan Smartphone atau gadget
    Walaupun salah satu cara kita mendapatkan informasi melalui smartphone atau gadget akan tetapi jika kita terlalu banyak menerima informasi juga dapat menimbulkan kecemasan atau masalah bagi diri kita sendiri. Untuk itu, lebih baik kurangi menggunakan Smartphone atau gadget dan luangkan waktu bersama keluarga.
  4. Jangan lupa olahraga
    Selain membuat tubuh sehat, olahraga juga bisa meredakan stres. Olahraga yang dilakukan tidak perlu yang berat-berat, sekedar jalan kaki mengitari kompleks rumahpun bisa menjadi pilihan.
  5. Istirahat yang cukup
    Dengan istirahat yang cukup dapat membantu otak mengelola stres. karena pada saat tidur tubuh mulai memperbaiki segala jenis ‘kerusakan’, baik secara fisik maupun mental.
  6. Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan mengurangi kafein serta alkohol
    Apa yang kita makan dapat memengaruhi kinerja sel tubuh, sistem kekebalan tubuh, dan juga bagaimana tubuh mengelola stres. Sekitar 95% hormon serotonin yang membantu mengelola suasana hati diproduksi di saluran pencernaan yang dikelilingi jutaan sel saraf. Dan sistem pencernaan yang baik tergantung dari jenis makanan apa yang kita makan.
  7. Melakukan kegiatan yang disukai
    Dengan melakukan sesatu kegiatan yang menyenangkan hati, dapat membantu kita untuk lebih rileks dan dapat membantu kita sedikit lebih tenang. Jadi, sekarang coba diingat kembali kegiatan apa yang anda sukai? (Bq. Mia Rexa Liani)

Comments are closed.