click for more https://fapfapfaphub.com

Mahasiswa KKN Unram Dorong Masyarakat Berdaya Melalui Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

1.679

Lombok Timur, LOMBOKim – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik Universitas Mataram (Unram) mendorong masyarakat lewat sosialisasi dan pelatihan dan pembuatan pupuk organik di Desa Sembalun bumbung, Kecamatan Sembalun kabupaten Lombok timur.

Tujuan dari sosialisasi untuk mendorong masyarakat di Desa Sembalun bumbung untuk berdaya kelola memanfaatkan sumber bahan sampah rumah tangga sisa Dapur.

“Bahan bahanya mudah di dapat apalagi mengurangi penumpukan sampah di lingkungan,” ungkap Ketua Kelompok KKN Tematik Sembalun bumbung David putra, kamis (13/1).

BACA JUGA  KKI Rekom Unram Buka Prodi Dokter Spesialis, Wagub Beri Apresiasi

Sosialisasi dan pelatihan pembuatan pupuk organik ini adalah salah satu program mahasiswa KKN yang bertemakan rumah pangan lestari (RPL).

Kegiatan yang di hadiri oleh narasumber dari dinas lingkungan hidup kabupaten Lombok timur menjelaskan terkait beberapa pemanfaatan sampah organik.

Menurutnya, sosialisasi pembuatan pupuk organik dilakukan untuk membantu daya kelola masyarakat desa Sembalun bumbung kecamatan Sembalun.

“Penggunaan pupuk organik sangat penting bagi masyarakat di sini, sebab mayoritas penduduk bekerja sebagai petani, peternakan dan perkebunan, ” pungkasnya

Tidak hanya itu, pembuatan pupuk organik sangat mudah karena bisa memanfaatkan sampah rumah tangga, meski tidak semua jenis sampah bisa diolah menjadi pupuk organik. Narasumber menjelaskan jenis sampah yang bisa diolah menjadi pupuk organik dan sampah yang tidak bisa diolah.

BACA JUGA  Desa Pematung Berdayakan Gerakan Buka Selimut

Pemerintah desa Sembalun bumbung dan Warga Desa terlihat antusias mengikuti sosialisasi yang dilaksanakan di halaman kantor desa. Pemerintah desa yang di wakilkan oleh sekertaris desa Sembalun bumbung mengharapkan masyarakat bisa secara mandiri memproduksi pupuk organik dengan memanfaatkan limbah rumah tangga.

“Saya berharap, pelatihan pembuatan pupuk organik ini bisa menjadi budaya baru masyarakat petani, khususnya masyarakat desa Sembalun bumbung” ungkap Muh. Roliwahyudi

Comments are closed.

Look At This teluguhotsexstories.me