LK2T Soroti Desa Wakan Tidak Transparan.

364

Wakan, LOMBOKim.com. Proyek pembuatan Bak Sampah dan Pembukaan Jalan usaha tani desa Wakan, Kecamatan Jerowaru dianggap tidak Transparansi, serta tidak menjalankan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Hal demikian disampaikan oleh Lembaga Kajian Kebijakan dan Transparansi (LK2T) bahwa pada waktu Hearing sekitar beberapa bulan lalu, sudah disepakati dalam setiap kegiatan desa harus Transparan.

Menurut Dedi Wahyudi selaku sekretaris Tim menyampaikan “Kami tidak akan bosan untuk mengingatkan kepada pemdes wakan untuk tetap menjalankan UU Nomor 14 tahun 2008 yang mengatur tentang Keterbukaan Informasi Publik,” ungkapnya.

Lanjut Kata Dedi, Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik menegaskan sebagaimana dalam Pasal 28 F Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyebutkan bahwa setiap Orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh Informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, dan menyimpan Informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

BACA JUGA  Ketua Tim Pelaksana Periksa 4 Aspek Pendukung Lomba Kampung Sehat Di Desa Giri Sasak

“Akan tetapi sampai hari ini undang-undang ini tidak pernah di jalankam oleh pemerintah desa wakan, terlebih dengan adanya proyek pembuatan Bak Sampah dan Pembukaan jalan usaha tani yang banyak sekali menghabiskan anggaran yang memang itu tdk sesuai dengan hasil dilapangan,” ungkapnya

“Atas nama Lembaga Kajian Kebijakan dan Transparansi (LK2T), meminta atensi Aparat Penegak Hukum (APH) untuk turun ke Desa Wakan karna ada indikasi penyelewengan secara besar-besaran,” Tegasnya

BACA JUGA  Penerimaan BLT Desa Di Perpanjang Sampe Bulan September, Ini Penjelasannya

Atas sikap diatas Tim Pemuda, Mahasiswa dan Redaksi LOMBOKim sebagai wadah pemuda dan mahasiswa berjurnalisme beserta LK2T menunggu Hak Jawab dari Pihak PEMDES Wakan terkait pernyataan tersebut. (R_Sa).

Leave A Reply

Your email address will not be published.