Legenda Batu Tinggang, Cerita Rakyat dari Labulia, Jonggat Lombok Tengah

141

Legenda Batu Tinggang berasal dari dusun batu tinggang, desa Labulia, kecamatan Jonggat, Lombok Tengah. Terdapat nilai-nilai yang terkandung dalam legenda batu tinggang. Secara umum tentu saja untuk masyarakat Sasak, dan secara khusus nya masyarakat Dusun Batu Tinggang Desa Labulia Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah.

Legenda batu tiang ini merupakan cerita yang dipercayai benar-benar terjadi, mempunyai latar belakang sejarah, dan peristiwa-peristiwa yang luar biasa.

Bahkan bagi masyarakat di Dusun Batu Tinggang Desa Labulia, legenda-legenda yang hidup dan berkembang sampai sekarang dianggap suci dan mengandung nilai-nilai sosial kemasyarakatan, Agama serta mengandung nilai-nilai “kekeramatan”.

Nilai kekeramatan inilah yang dianggap memiliki kekuatan magis atau kesaktian yang apabila dilanggar maka orang yang melakunya akan mengalami nasib “sial” yang dalam bahasa Sasak disebut “tulah manuh”.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai tang terkandung dalam legenda-legenda Sasak telah dijadikan sebagai pedoman dan norma yang mengatur tata tertib hubungan satu anggota masyarakat dengan anggota masyarakat lainnya

Comments are closed.