LABORATORIUM LINGKUNGAN NTB MERAIH PENGAKUAN INTERNASIONAL

372

Mataram, LOMBOKim – 9 Agustus 2021- Kehadiran Laboratorium Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB memberikan nafas baru bagi pemerintah guna mendukung kegiatan pengawasan dan pengendalian di sektor lingkungan. Laboratorium Lingkungan NTB (Labling NTB) hadir sebagai unit pelayanan yang melakukan assesement kualitas lingkungan yang menjadi acuan pemerintah untuk mengambil kebijakan terkait pencegahan dan pengendalian lingkungan.

Keberadaan Labling NTB cukup esensial seiring tingginya intensitas pembangunan serta kegiatan masyarakat yang berpotensi merusak lingkungan sehingga menuntut kapasitas SDM laboratorium yang berkualitas dan terlatih. Untuk mengukur kapasitas SDM laboratorium, maka Labling NTB ikutserta pada kegiatan uji profisiensi yang merupakan kegiatan penilaian kinerja laboratorium sekaligus powerful untuk menunjukkan kompetensi pada lembaga akreditasi, pemerintah maupun swasta.

Labling NTB berpartisipasi pada uji profisiensi yang diselenggarakan oleh ERA, Amerika dan P3KLL, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang berskala internasional dan nasional selama dua tahun berturut-turut. Kabar baiknya Labling NTB konsisten mendapatkan kategori EXCELLENCE LABORATORY yang merepresentasikan kapasitas SDM Labling NTB yang professional dan berintegritas.

BACA JUGA  Di KLU, Wagub Apresiasi Desa Anyar

Pengakuan internasional dan nasional ini menjadi komitmen Labling NTB untuk menjaga konsistensi kualitas pengujian sekaligus sebagai langkah konkret untuk merealisasikan hajat besar yaitu Labling NTB yang terakreditas. (Farid Wajdi)

Comments are closed.