Kurangi Kriminalitas, China Luncurkan Program Sistem Kredit Sosial

169

LOMBOKim.com – Apa jadinya jika semua aktivitas anda selalu diawasi oleh CCTV? Tentu hal tersebut menimbulkan rasa risih bukan? Tapi berbeda halnya dengan China, setelah dihebohkan dengan munculnya Virus Corona. Kini China menghebohkan dunia dengan penerapan Sistem Kredit Sosial.

Dilansir dari Ekrut, Sistem Kredit Sosial merupakan program pemerintah China untuk mengawasi aktivitas warganya menggunakan CCTV selama 24 jam sekaligus memberikan assesement/penilaian terkait aktivitas tersebut dalam bentuk skor. Jumlah CCTV yang telah dipasang pemerintah china sudah mencapai 626 juta unit di berbagai titik.

BACA JUGA  Lockdown dan Karantina, Menguntungkan Atau Merugikan Ekonomi Daerah

Tujuan Sistem Kredit Sosial yaitu untuk meminimalisir tindak kriminal sehingga kasus kejahatan seperti pembunuhan, pencurian, pemerkosaan, kekerasan fisik dan lainnya dapat teridentifikasi secara instan oleh CCTV yang dipasang sekaligus mengidentifikasi identitas pelaku.

Bukan hanya mengurangi tindak kriminal, program ini juga dapat meminimalisir pelanggaran-pelanggaran ringan seperti tidak taat membayar pajak, pelanggaran rambu-rambu lalu lintas, membuang sampah sembarangan dan perusakan fasilitas umum.

Apa konsekuensi untuk para pelanggar?

Tentu konsekuensinya sesuai dengan assesement yang didapatkan masing-masing individu. Bagi warga yang konsisten melakukan pelanggaran dan kejahatan tentu akan mendapatkan skor rendah. Bagi mereka yang masuk kategori skor rendah akan mendapatkan pembatasan fasilitas seperti pembatasan menggunakan pesawat, kapal, kereta sehingga mobilisasi mereka terbatas. Ironisnya lagi, konsekuensi yang sama akan didapatkan oleh keturunan-keturunan mereka seperti ke anak.

Sebaliknya warga yang taat aturan dan konsisten melakukan hal positif seperti membantu pengemis, membayar pajak tepat waktu dan lainnya akan mendapat skor tinggi sehingga diberikan reward oleh pemerintahberupa kemudahan mengakses fasilitas umum bahkan kemudahan mendapatkan pekerjaan.

BACA JUGA  ASN Dipusaran Politik Pilkada

Tidak mengherankan jika tingkat kriminal di China dapat menurun drastis karena strict monitoring (pengawasan ketat) yang dilakukan oleh pemerintah China. Walaupun banyak kritikan terkait pemberlakuan program ini. Akan tetapi China mampu membuktikan bahwa cara tersebut cukup efektif untuk membuat warganya taat. (Farid Wajdi)

Leave A Reply

Your email address will not be published.