Ketika Malas Sholat Menerjang, Kepada Siapa Berdo’a?

151

RELIGI, LOMBOKim – Malas seringkali menjadi alasan manusiawi untuk menunda sesuatu yang harus dilaksanakan sesuai jadwal. Salahsatuya adalah sholat. Malas shalat tak bisa terbantahkan, acap kali menyerang setiap insan. Sulit dipungkiri juga, mungkin malas sholat menyebabkan banyak masjid sepi.

Sholat sih shalat, tapi di rumah. Sendiri dan sering seolah dikejar waktu. Mengedepankan pekerjaan dunia yang waktunya sesungguhnya cukup lama jika dibandingkan dengan kalkulasi waktu whudu’ sholat sunat, sholat wajib, berdzikir (wirid) dan berdo’a. Jauh lebih banyak daripada waktu yang digunakan untuk urusan lain. Enggak percaya? Hitung saja.

BACA JUGA  Dibutuhkan Tokoh Eksternal untuk Gerakan Misi “Bermanfaat Sepanjang Masa”

Ketika malas shalat menerjang, menghantam, dan merobek setiap sendi keimanan, ada rasa bersalah di hati terdalam. Namun, rasa bersalah itu pudar seiring kebiasaan. Rasa bersalah itu muncul lagi ketika ada dakwah menyirami telinga dan hati. Maka itulah fungsinya dakwah, saling mengingatkan agar rasa bersalah itu muncul.

Ketika rasa bersalah itu datang, maka disinilah pentingnya do’a. Lalu kepada siapa berdo’a? Wong perintah dari khalik satu-satunya saja sering dilalaikan. Mungkinkah Allah mengabulkan do’a hambanya yang malas shalat?

Penulis bukan ustadz, ulama, dan sebutan lainnya. Namun penulis adalah hamba Allah yang meyakini bahwa Allah maha pengasih dan maha penyayang sebagaimana firmanNya dalam surat al-Fatihah ayat satu. Cari sendiri.

BACA JUGA  Sukses dalam Islam itu ya dengan Do'a, Ini Tips dan Dalilnya

Rasulullah Sallahu Alaihiwasalam juga mengajarkan sebuah do’a melalui hadits yang diriwayatkan Abu Daud, An-Nasa’i dan Ahmad ”Ya Allah, tolonglah Aku untuk selalu menyebut nama-Mu (pandai berdzikir), dan mampu selalu bersyukur kepada-Mu serta beribadah dengan baik kepada-Mu.” (HR Abu Daud, An-Nasa’i dan Ahmad).

Menangkis terjangan malas shalat, tetaplah berdo’a, beristigfar dan memohon, hanya kepadaNya. Tambahkan lagi dengan do’a-do’a agar terhindar dari sifar malas sebagaimana foto shot di bawah ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.