Keren, Lomba Ide Bisnis Fakultas Pertanian UNRAM didanai Jutaan Rupiah

290

Mataram, LOMBOKim.com. Mahasiswa sebagai Agent of Change selalu memiliki ide-ide yang kreatif dan perlu disalurkan, tidak terkecuali dalam hal ide bisnis.

Seperti yang disampaikan oleh Sulfah Rahmadiah, salah satu mahasiswi Fakultas Pertanian UNRAM kepada Lombokim.com, kreativitas dan ide bisnis yang dimiliki oleh mahasiswa sangat banyak, hanya saja inovasi dan kreativitas tersebut belum bisa diimplementasikan karena terkendala biaya finansial (22/04/2020).

Melihat peluang tersebut, Fakultas Pertanian, sebagai salah satu Fakultas di bawah naungan Universitas Mataram mencoba memberikan wadah bagi Mahasiswanya untuk menyalurkan ide bisnis mereka. Fakultas Pertanian UNRAM mengadakan lomba Program Kretifitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKM-K) atau lomba membuat rencana usaha. Kegiatan ini sudah berlangsung selama dua tahun berturut-turut yaitu pada tahun 2019 dan tahun 2020.

Pada tahun ini, pendaftaran dan pengumpulan proposal dibuka sampai tanggal 31 Maret 2020. Lomba ini diadakan untuk mengembangkan kreativitas dalam bidang ide bisnis dan kewirausahaan mahasiswa Fakultas Pertanian, peserta lomba bertim dengan jumah anggota minimal 3 orang dan maksimal 5 orang, peserta lomba harus berasal dari Fakultas Pertanian dan diperbolehkan dari jurusan yang berbeda.

Seluruh proposal PKM-K yang terkumpul kemudian akan diseleksi 15 proposal terbaik oleh Reviewer. Tim yang terpilih kemudian akan memperoleh pendanaan sebesar Rp.3.000.000 untuk mengimplementasikan rencana usaha yang sudah diajukan.

Tidak hanya sampai disana, untuk memastikan mahasiswa menggunakan dana tersebut sebagaimana mestinya, Fakultas Pertanian meminta mahasiswa untuk mengumpulkan laporan akhir, laporan keuangan dan produk yang dihasilkan.

BACA JUGA  Pelepasan Prakerin SMK Gunung Rinjani Lombok, Ini Doa Adik Kelas

Jika tidak dikumpulkan sampai batas waktu yang sudah ditentukan, maka mahasiswa yang menerima dana tersebut wajib menggantinya sesuai dengan jumlah yang diterima.

Suparman, Salah satu Mahasiswa Berprestasi Fakultas Pertanian melanjutkan, Berkat bantuan dana dari Fakultas, jiwa-jiwa usaha kami yang masih muda merasa terpanggil untuk menjadi seorang pengusaha sukses dan bisa membantu banyak orang, berawal dari rencana usaha kecil yang akan terus berkembang hingga menjadi usaha yang besar.

BACA JUGA  BEM Fakultas Peternakan Unram Salurkan Bantuan Lawan Corona

Sementara itu, Jimi Salah seorang Mahasiswa Fakultas Pertanian juga menambahkan untuk kalian yang memiliki kreativitas atau ide bisnis dan belum bisa diimplementasikan, jangan bersedih hati kita semua memiliki peluang untuk menjadi seorang pengusaha.

Dilanjutkan, “Ide itu mahal, selain di Fakultas Pertanian masih banyak lagi lomba diluar yang membutuhkan ide kalian dengan dana yang lebih besar. Tetap berjuang, jangan menyerah, cepat atau lambat insyaAllah kalian akan menjadi salah satu orang terpilih yang akan didanai,”sambungnya.

Mereka semua berharap, semoga hal ini bisa menjadi contoh bagi Fakultas-Fakultas lain di UNRAM. Aamiin. (Susi Susanti).

Leave A Reply

Your email address will not be published.