Kemkominfo: NTB Sudah Cukup Bagus Menyuguhkan Informasi Hadapi Pandemi

146

Mataram, LOMBOKim – Kementerian Komunikasi Informatika (Kemkominfo) RI menunjuk Provinsi NTB (Nusa Tengga Barat) menjadi tuan rumah webinar bertajuk Penyelenggaraan Forum Keterbukaan Informasi Publik NTB karenakan PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) di NTB dianggap mampu menyuguhkan informasi dalam menghadapi Pandemi.

“Kami melihat PPID NTB sudah cukup bagus menyuguhkan informasi covid-19,” ujar Selamatta Sembiring selaku Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kemkominfo saat membuka acara webinar yang diikuti lebih dari 100 peserta se-NTB tersebut, (13/8).

Sehingga, lanjut Selamatta, Webinar ini diharapkan dapat menjadi benchmarking kepada provinsi-provinsi lain untuk sigap mengakomodasi situasi pandemi ke dalam pengelolaan informasi dan pelayanan informasi melalui PPID-nya. Seperti yang telah dilakukan oleh Pemrov NTB.

“Tujuan keterbukaan informasi publik itu supaya terjadi good  governance dimana masyarakat berpartisipasi, hukum ditegakkan dengan baik, transparan, lalu ada kesetaraan dan daya tanggap, akuntabilitas, pengawasan publik, efektivitas dan profesionalisme,” ungkapnya.

Pemprov NTB sendiri  melalui Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi NTB, Gede Putu Aryadi, S.Sos.MH, menjelaskan terlalu banyak pihak tidak berkompeten yang menyuguhkan informasi hoax terkait covid-19.

“Terlalu banyak hoax/disinformasi dan pendapat dari pihak-pihak yang  tidak kompeten tentang covid-19 membuat masyarakat jadi apatis, paranoid, bahkan ada yang tidak percaya wabah covid 19. Inilah yang menimbulkan ketidakwaspadaan dan tidak disiplin melaksanakan langkah  pencegahan Covid-19,” terangnya.

Tak hanya itu, produktivitas dan kemampuan daya beli masyakat juga menjadi menurun sangat drastis.  IKM/UKM juga tidak berproduksi karena adanya pembatasan sosial.

“Kalau tidak dikelola dengan baik, maka akan terjadi krisis ekonomi dan krisis sosial,” terangnya. (Iz)

Comments are closed.