Kemendes Kucurkan Dana Rp22,4 T BLT Di Desa

277

LOMBOKim.com – Pemerintah melalui Kementerian Desa (Kemendes) mengucuran dana Rp22,4 Triliun dari dana desa untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa dalam membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi covid -19 . Besaran BLT-Dana Desa sudah disetujui melalui Peraturan Menteri Desa Nomer 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Prioritas Dana Desa Tahun ini.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi, Abdul Halim Iskanda mengatakan, BLT-Dana Desa yang berhak menerima yaitu keluarga miskin non Program Keluarga Harapan (PKH), atau masyarakat yang tidak menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), yang belum mendapatkan Kartu Prakerja, Kehilangan Mata Pencarian, serta memiliki keluarga rentan sakit atau kronis.

“Yang berhak mendapatkan bantuan ini kelompok miskin pasti, yang kehilangan mata pencarian akibat covid-19, belum mendapatkan PKH, BPNT, belum mendapatkan bantuan pangan dan kartu pra kerja,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Gus Halim ini memaparkan pendataan BLT-Dana Desa dilakukan oleh Relawan Desa covid-19, yang mekanismenya kepala wilayah melakukan pendataan, kemudian di bawa ke Musyawarah Desa untuk validasi dan finalisasi pendataan penerima BLT-Dana Desa. Penetapan dilakukan oleh Camat atau Bupati setempat selama 5 hari kerja.
“Penanggungjawabnya langsung kepala desa,” ujarnya.

Penyaluran BLT-Dana Desa ini dilakukan oleh Pemerintah Desa dengan metode non tunai setiap bulannya. Jangka waktu 3 bulan terhitung sejak April 2020.
“Besar BLT Dana Desa per bulan sebesar Rp 600.000 per keluarga,” ujarnya. (Iz)

Comments are closed.