Keistimewaan Puasa di Bulan Syawal

188

LOMBOKim.com – Ramadhan telah berlalu meninggalkan kemuliaan bagi umat muslim. Semua Umat bahkan Langit dan bumi turut bersedih seiring berlalunya bulan penuh berkah ini. Bulan Ramadhan sangat membekas dalam hati setiap umat muslim, bagaimana tidak sebulan penuh Ramadhan mengajarkan kita arti ketaatan kepada Allah SWT. Mulai dari berpuasa, shalat tarawih, membaca al-Quran, tahajjud, qiyamul lail dan memperbanyak zikir.

Sebulan penuh kita melewati bulan penuh berkah ini dan akhirnya tergantikan oleh bulan Syawal. Syawal merupakan bulan ke-10 dalam penanggalan Hijriyah yang akrabnya dikenal sebagai bulan kemenangan karena pada 1 Syawal semua umat muslim merayakan idul fitri (Kembali ke Fitrah) yang meliputi mengeluarkan zakat, shalat Ied, bersilaturahmi dan tradisi berziarah kubur. Lalu apa keistimewaan bulan ini?

BACA JUGA  Petani Tembakau, Petani Paling Capek Diantara Semua Petani

Setiap muslim dianjurkan untuk meningkatkan ibadah kepada Allah SWT di bulan Syawal salah satunya berpuasa. Menurut Hadist Riwayat Muslim yang berasal dari Abu Ayyub Al Anshori yang pernah mendengar sabda Nabi Muhammad SAW bahwa “ Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh”

Puasa pada bulan Syawal boleh dilaksanakan pada minggu pertama bulan ini (Kecuali pada 1 Syawal), minggu kedua bahkan minggu terakhir di bulan tersebut.

Dengan keutamaan melaksanakan ibadah puasa 6 hari di bulan Syawal, pastinya sangat merugi jika seorang muslim tidak memanfaatkan momen dan keistimewaan bulan Syawal ini. Tentunya hanya dengan mencukupkan puasa 6 hari akan bernilai kebaikan pahala yang sama dengan berpuasa selama satu tahun penuh.

BACA JUGA  Arti Mimpi Berada di Keramaian Orang

Pastinya melalui puasa pada bulan Syawal pun sebagai wujud setiap hamba untuk beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Bukankah bulan Syawal pun sebagai tolak ukur peningkatan tauhid, iman dan takwa setiap muslim kepada Sang Pencipta. So don’t miss this chance guys dan selamat menjalankan ibadah puasa syawal bagi teman-teman yang sedang menjalankannya.(Farid Wajdi)

Leave A Reply

Your email address will not be published.