Kandungan Beras Kencur, Bisakah Jadi Alternatif Beras?

82

LOMBOKim – Angka konsumsi beras per orang per minggu di Indonesia rata-rata mencapai 1,721 kg sehingga diperlukan bahan alternatif pengganti beras dalam pengolahan beras kencur. Hal ini dipaparkan oleh oleh Desy Margi Sinanti dalam skripsinya.

Pada dasarnya beras kencur belum sepenuhnya bisa sebagai pengganti beras untuk konsumsi makanan pokok. Jadi belum bisa disebut sebagai pengganti beras. Namun, karena khasiat dan sebutan beras kencur serta hasil penelitian skripsi seorang mahasiswa diatas, maka patut dibahas bagaimana kandungan dari beras Kencur ini.

BACA JUGA  Fungsi Koperasi dan Tujuannya Menurut Undang-undang

Halodoc menyebutkan bahwa tanaman yang memiliki nama latin Kaempferia galanga L ini memiliki kandungan banyak zat dan senyawa kimia yang bermanfaat bagi kesehatan. Di antaranya adalah pati, mineral, sineol, asam metil kanil, penta dekaan, asam sinamat, etil ester, borneol, kamfen, paraeumarin, asam anisat, alkaloid, dan gom. Etip p-metoksisinamat merupakan komponen utama dari kencur.

Secara tradisi beras kencur banyak digunakan sebagai bahan pembuatan jamu dan penambah cita rasa dalam masakan. Tanaman ini banyak tumbuh di wilayah beriklim tropis dan subtropis, terutama di wilayah Asia, seperti Indonesia, India, Bangladesh, Thailand, dan Malaysia.

Beras kencur juga memiliki kandungan yang bisa digolongkan sebagai jamu karena memiliki khasiat meningkatkan nafsu makan. Bahan utama minuman beras kencur adalah beras dan rimpang kencur. Selain digunakan dalam bumbu masakan. Rempah-rempah ini biasanya diolah menjadi minuman berkhasiat untuk kesehatan, yaitu jamu.

BACA JUGA  Cara Membuat Cover Dalam Karya Tulis Ilmiah

Nah, kesimpulannya, bisa saja kencur dijadikan sebagai alternatif beras, namun jika ingin menjadikannya demikian, sebaiknya pikir – pikir dulu, dan sebaiknnya cukup hanya sebagai penyeimbang saja, karena kita juga penting memperhatikan pola tanam dan pola konsumsi masyarakat Indonesia yang sudah terbiasa dengan beras.

Leave A Reply

Your email address will not be published.