Kadus Pungli Bansos Ditangkap, “Untuk Polda NTB” LK2T Beri Apresiasi Begini

655

Selong, LOMBOKim – Beredarnya berita soal upaya penangkapan Har alias Amaq Saos, oknum Kepala Dusun (Kadus) Paok Pondong Lauk, Desa Lenek Tengah, Kecamatan Lenek, Lombok Timur yang ditangkap karena pungli Bansos mendapatkan apresiasi dari Kabid Humas Polda NTB, Kombes. Pol. Artanto, SIK, MH.

Apresiasi tersebut ditanggapi bangga oleh Ketua Lembaga Kajian Kebijakan dan Transparansi (LK2T) “Saya sebagai masyarakat bangga dengan statemen Kabid Humas Polda NTB terkait penangkapan tersebut, itu prestasi yang luar biasa, itu motivasi untuk pergerakan kami, “kata Karomi, M.Pd.

Pihaknya menambahkan, ketegasan Polri dalam menyikapi oknum Perangkat Desa yang seperti itu memang luar biasa, karena banyak kasus diluar sana yang mirip dengan kasus pungli Kadus tersebut. “Jika tak diberi efek jera dalam bentuk pidana, maka kebiasaan menyelewengkan dana akan terus terjadi,”tambah LK2T yang kini sedang konsen mengawal Bansos di Desa Wakan

Soal Pungli dibalik bansos dan penyalahgunaan wewenang terkait, bisa juga menjadi study kasus terkait pristiwa bertahun – tahun yang terjadi di Desa Ketangga Jeraeng. Yaitu soal warga yang dibiarkan membangun rumah di tanah sengketa, lalu rumah yang dibangun tersebut diberikan bantuan rehab rumah tidak layak huni. Di kajinya, warga yang membangun rumah tersebut sejak tahun 2016 sudah kalah sengketa berdasarkan putusan Mahkamah Agung nomer 3162 K/Pdt/2016.

BACA JUGA  Sukses, Polda NTB Lagi-lagi Ringkus Pengguna Narkoba

Berdirinya rumah tersebut menambah beban bagi pihak yang menang, pasalnya selain pihak yang menang sudah ditinggalkan orang tuanya yang meninggal dunia di tahun 2019, pihak yang menang juga tergolong tidak mampu untuk membiayai ekskusi. Keluarga pihak yang menang juga hawatir ada permainan baru dibalik tanah sengketa yang hanya 10,5 are tersebut.

Mendengar apresiasi dari Kabid Humas Polda NTB terkait berita penangkapan kadus tersebut, LK2T berharap, pemenang perkara yang kini tanahnya ditempati warga dengan kasus bansos RTLH masih berdiri di tanah sengketa yang dimenangkan yang berhak, pihaknya berharap ada solusi terkait penyelidikan dan tindakan hukum untuk para pihak yang menyalahgunakan Bansos tersebut.

BACA JUGA  Polda NTB Jalani Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Oprasi Gatarin 2020

” InsyaAllah kami akan silaturrahmi khusus terkait Apresiasi ini. Kami juga ingin diskusikan peran Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) dalam membantu Humas Polda NTB menginformasikan tindak pidana yang merugikan masyarakat akar rumput, “demikian Karomi, Dosen yang juga menjadi Biro Humas di salah satu universitas tersebut (omz)

Leave A Reply

Your email address will not be published.