Kreatif, Serabut Kelapa Disulap Jadi Uang Jutaan Rupiah

555

Sukamulia, LOMBOKim.com – Siapa sangka limbah serabut kelapa bisa menjadi uang jutaan rupiah. Selama ini yang kita ketahui pemanfaatan dari serabut kelapa hanya dijadikan sebagai bahan bakar, dan bahan baku sapu.

Namun, ditangan kreatif seperti pasangan suami istri asal Kecamatan Sukamulia ini, limbah serabut kelapa bisa di sulap menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Pasangan suami istri ini merubah limbah serabut kelapa menjadi media tanam untuk tanaman hias yang di sebut dengan KOKEDAMA.

KOKEDAMA sendiri merupakan metode penanaman tanaman hias asal negri matahari terbit yang terbuat dari lumut. Namun, karena lumut tidak tahan panas dan tidak tahan lama, membuat pasangan ini menggantinya dengan serabut kelapa.

BACA JUGA  Ummi Rohmi Dorong Milenial Jadi Enterpreneur Untuk Hadapi Ancaman Resesi

Baiq Novita Rina selaku penggiat KOKEDAMA mengatakan dalam satu KOKEDAMA, Ia biasa menjual dengan harga Rp 80.000 per unit tergantung ukuran dan jenis bunga yang dipakai. “Harga tergantung ukuran dan jenis,” tuturnya kepada LOMBOKim.com, Rabu (22/04/2020).

Cara membuat KOKEDAMA ini belum terlalu familiar di kalangan masyarakat pada umumnya sehingga masih minim pesaing. Kemampuan Rina membuat KOKEDAMA  bersama bentuknya yang unik, banyak diminati masyarakat, sehingga pihaknya bisa meraup omset jutaan “Selama ini dalam sebulan hasil penjualan bisa mencapai 3 juta lebih,” tandasnya.

Ia menambahkan bagi masyarakat yang berminat untuk belajar atau bertanya mengenai KOKEDAMA, pihaknya selalu terbuka untuk mengajarkannya tanpa harus dibayar, dengan sayarat harus serius dan langsung datang mengunjungi KOKEDAMA Lombok.

“Yang mau belajar langsung saja datang ke KOKEDAMA Lombok,” tutupnya (L. Haris Indrawan)

BACA JUGA  Intip Yuks, Kegiatan Ultah Forum Wartawan di Lotim

Leave A Reply

Your email address will not be published.