Goa Angker Di Bagik Payung, Dibikin Jin dan Tokoh Zaman Jepang.?!

182

Suralaga, LOMBOKim – Membaca devinisi goa. Sebenarnya, lubang angker yang diklaim terletak di Desa Bagik Payung, Kecamatan Suralaga, Lombok Timur tersebut belum bisa dikategorikan sebagai Gua.

Pasalnya dari segi besar dan bentuknya, lubang tersebut terlihat tidak terbentuk secara alami. Melainkan ada campur tangan manusia.

Asal-usulnya juga diceritakan memiliki fungsi yang cukup beralasan.

“Mamiq Mansur minak ye laek ceritene ye tetulung sik jin. Ite nyaksiang ye, laguk masih te becik laek”tutur Miq Masri, Sabtu (3/07/2021).

Masri, saksi terbentuknya goa tersebut melanjutkan ceritanya. Lubang tersebut dibuat untuk mengaliri air ke lahan dengan tujuan area Ijo Balit, nama kelurahan di Kecamatan Labuhan Haji.

Mencari keterangan warga soal GOA

“Goa ini dulunya dibuat oleh orang bernama Mansur dengan bantuan mahluk ghaib,” demikian arti dari bahasa lombok yang diterangkan Masri.

Oleh masyarakat sekitar, lubang tersebut memang disebut Goa. Bentuknya cukup angker dan lumayan ekstrim, apalagi untuk konten youtube dengan genre prank, kategori hiburan.

Memasukinya butuh nyali tinggi, karena jarak sekitar 5 meter dari pintu goa, Anda bisa saja diserang kelelawar atau mahluk sejenis yang berhabitat disana.

Goa tersebut terpantau belum disentuh sebagai destinasi wisata layaknya goa – goa lain yang menjadi wisata tersembunyi serta memiliki peminat khusus, seperti Goa bangkang di Pujut, Goa raksasa di Tanjung Ringgit dan lain – lain yang sudah mendapat reviuw khusus dari komunitas local guide.

Suasana Alam Di Sekitar Goa

Disekitar Goa ada tambang rakyat, yang menurut keluarga dari pemiliknya, di lokasi tersebut ingin dibuat menjadi kolam. Namun, guna merapikan tanahnya, maka digali dulu, makanya suasananya seperti tambang.

Walau ada area tambang galian C, namun tidak mengurangi keindahan dari lokasi sekitar goa. Dari jarak sekitar 50 meter dari goa, juga ada sungai, persawahan, suasana hijau, lambaian daun kelapa, sayur mayur, dan suasana damai bagi penikmat alam.

Tokoh Pers Lombok Timur yang ikut masuk ke Goa tersebut pun mengakui jika lokasi ini recomended menjadi destinasi wisata baru.

“Tinggal menunggu sentuhan tangan pemegang kebijakan,” cetusnya.

Ia memiliki kesan yang angker ketika memasuki goa tersebut, bulu kuduknya merinding. Lumayan untuk dicoba bagi penikmat geosite wisata ekstrim.

Disclaimer

Informasi terkait masih perlu dikembangkan. Butuh nara sumber dan materi ilmiah untuk membuatnya berkarakter Indepth. Akan diperbaiki apabila ada keterangan tambahan.

Batour bisa membantu memperbaiki informasi terkait, dengan berkomentar di kolom komentar atau bisa juga di page diskusi LOMBOKim.

Batour juga bisa menekan tombol tag (#) arti nama, tag local guide, tag jalan ke desa dan tag lain yang ingin dibantu untuk diperbaiki. Semoga informasi ini bermanfaat, jangan lupa Sholawat,Istighfar dan doa Al-Fatihahnya yah.(tm)

Comments are closed.