FKUB Sumbawa Gelar Dialog Lintas Agama

30

SUMBAWA,LOMBOKIM.Com-Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sumbawa menggelar kegiatan dialog lintas agama dalam rangka memperkuat kerukunan umat beragama. Dengan bertempat di Aula SMA Islam Farmasi Kabupaten Sumbawa, Rabu (6|10).

Hadir dalam kegiatan tersebut,‎Ketua FKUB Sumbawa, Sumbawa,H.Umar Hassan, Kabid Idiologi dan wawasan Kebangsaan Kesbangpoldagri Sumbawa, Taufiqurrahman Abdul Sukur,Ketua MUI Sumbawa, HM.Nur, Kasubag TU Kemenag Sumbawa, H.Marzuki.

Dalam sambutannya Kabid Idiologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpoldagri Sumbawa, Taufiqurrahman Abdul Sukur mengatakan kesadaran berbangsa dan bernegara berarti sikap dan tingkah laku harus sesuai dengan kepribadian bangsa. 

Dengan sesuai  cita-cita dan tujuan hidup bangsa Indonesia melalui Pancasila dan UUD 1945. Begitu juga ‎menumbuhkan rasa kesatuan dan persatuan bangsa dan negara Indonesia.

BACA JUGA  Kadus Ini Sanjung Cara Merariq Seperti ini, Calon Pengantin Harap Ikuti

” Bangsa ini  terdiri dari beberapa suku bangsa yang membentang dari Sabang sampai Merauke, dengan beragama bahasa dan adat istiadat kebudayaan yang berbeda-beda,” ujarnya.

Taufiqurrahman menambahkan ‎menumbuhkan rasa memilik ijiwa besar dan patriotisme untuk menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negara.Begitu juga sikap ‎dan perilaku yang patriotik dimulai dari hal-hal yang sederhana.

”  ‎Wewujudkan Nasionalisme yang tinggi dari segala aspek kehidupan rakyat indonesia yang mengutamakan kepentingan Nasional dari pada kepentingan perorangan, kelompok, golongan, suku Bangsa atau daerah,” paparnya.

BACA JUGA  Bikin Rusak Gapura Ponpes, Warga di Sukarara Bakal Dibawa Kejalur Hukum

Sementara Ketua FKUB Sumbawa, H.Umar Hasan mengatakan ‎adanya perbedan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tentunya dijadikan sebuah khazanah untuk saling menghargai satu sama lainnya.

Begitu juga halnya dalam membangun sebuah rumah ibadah harus ada dikomunikasikan dengan baik,agar tidak menjadi persoalan kedepannya. 

” ‎ Ada aturan dalam pembentukan agama baru harus adanya diskusi bersama baik daerah maupun pusat,” tegasnya.

Kemudian Kasubag TU Kemenag Sumbawa,H.Marzuki mengatakan ‎‎melalui forum lintas etnis ini dapat mengali informasi maupun kejadian yang telah terjadi maupun yang sedang terjadi di tengah – tengah masyarakat Kabupaten Sumbawa.

Begitu juga Organisasi kemasyarakatan (ormas), terutama yang berbasis agama, untuk terus berperan dan berkontribusi dalam upaya ikut menjaga antar umat beragama, membangun kesatuan dan keutuhan nasional.

BACA JUGA  Berani Jual Beli Sabu di Penjara, Cewek Ini Diborgol Polsek Bolo

” Membangun  kerukunan adalah faktor utama dalam menjaga keutuhan bangsa,” tandasnya.(GL/KIM).

Comments are closed.