Fix! KKN Di Desa Sendiri Gak Asik

157

LOMBOKim.com – Pandemi tidak hanya mengubah bidang ekonomi namun semua bidang termasuk bidang pendidikan.

Contonya saja saat kuliah yang biasanya dilakukan secara langsung dikelas, harus dilakukan dengan cara online dan sangat menguntungkan kaum rebahan. Bener gak? Jujur dah, soalnya Saya juga termasuk kaum rebahan.

Selain itu, KKN (Kuliah Kerja Nyata) bukan Kuliah Kerja Nikah ya! Seharusnya dilakukan di desa orang, malah terpaksa dilakukan di desa sendiri.

Hal ini membuat Saya berfikir “Gimana rasanya ya, KKN di Desa Sendiri?” Malum kemarin Saya KKN di desa orang.

Untuk menjawab dahaga dari pertanyaan Saya, Saya mencoba menghubungi teman yang sedang KKN di desanya. Dan rata-rata jawaban mereka “Gak Asik” dengan alasan yang beraneka ragam seperti Bineka Tunggal Ika.

BACA JUGA  Puasa Di Tengah Pandemi, Apa Bedanya?

Ada beberapa hal yang Saya garis bawahi, hilang ketika KKN di desa sendiri antara lain:

  • Keluarga Baru

Bagi kalian yang udah KKN sebelum pandemi, pasti pernah merasakan mendapat keluarga baru, baik itu dengan warga desa maupun teman KKN yang baru ketemu pas kumpul KKN. Meski pertama agak canggung dan malu-malu kucing. Tapi setelah beberapa minggu semua sifat salinya keluar dan itu yang membuat makin deket.

BACA JUGA  Pembatasan Sosial, Isolasi dan Karantina. Bedanya Apa Sih?
  • Pengalaman Baru

Dengan KKN di desa orang kita akan mendapatkan pengalaman baru dan tatangan baru, karena kita akan lebih mengenal adat, kebiasaan, bahkan sisitem pemerintahan desa. Jadi bekal itu dapat kita bawa sebagai perbandingan setelah kita menetap dirumah nantinya.

  • Calon Baru

Hal ini bukan rahasia umum banyak mahasiswa KKN yang cinlok di lokasi KKN. Entah itu degan kembang desa, dan teman KKN. Gimana gak deket kita tinggal satu rumah selama 45 hari, bisa dibayangkan betapa banyaknya peluang buat PDKT hehe.

BACA JUGA  Lockdown dan Karantina, Menguntungkan Atau Merugikan Ekonomi Daerah

Itulah mengapa, Saya mengatakan KKN di desa sendiri itu gak asik, meski terpaksa sih karena ada pandemi. Kalau gak ngambil sekarang, maka siap-siap masa kuliah makin panjang.

Untuk kalian yang KKN di desa sendiri tetap semangat, nikmatilah karena siapa tau nanti bisa diangkat langsung jadi Kaur Desa setelah selesai KKN kan. (Iz)

Leave A Reply

Your email address will not be published.