Exsis Gelar Event Nasional Ditengah Pandemi, Begini Alasan UKM PRIMA UNRAM

434

Mataram, LOMBOKim.com – UKM PRIMA merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang ada di Universitas Mataram. Saat ini UKM tersebut telah mengadakan sebuah event PRISMA (Pekan Riset Ilmiah Mahasiswa) yang dibagi menjadi beberapa kegiatan. Event ini telah dipersiapkan kurang lebih 6 bulan yang lalu dengan puncak kegiatan pada bulan April.

Akan tetapi kegiatan tersebut tidak memungkinkan untuk dilaksanakan pada bulan April dikarenakan Covid-19 yang telah masuk dan menyebar dengan cepat di Indonesia, maka kegiatan di undur menjadi bulan Juni dengan beberapa pertimbangan dan perubahan konsep kegiatan yang menyesuaikan keadaan saat ini.

Berdasarkan keterangan sekertaris panitia, Lalu Riki Gita Sukma “Kegiatan PRISMA tetap dilaksanakan karena merupakan tanggung jawab panitia untuk tetap melaksanakan acara tersebut dengan menyesuaikan keadaan saat ini, yaitu mengubah konsep acara yang tadinya offline menjadi online”, ungkapnya

Event PRISMA sendiri merupakan event terbesar dari UKM PRIMA yang diadakan setiap tahunnya. Kegiatan ini dihadiri oleh Pembina UKM PRIMA, Wakil Rektor lll Universitas Mataram, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang melakukan sambutan sekaligus membuka kegiatan. Alhamdulillah kegiatannya berjalan sesuai dengan rencana mulai dari tanggal 26-28 Juni 2020 dengan beberapa rangkaian kegiatan yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) yang digabungkan dengan Seminar Nasional.

LKTIN tetap dilaksanakan sesuai dengan konsep awal yaitu memiliki sesi penyajian materi dalam bentuk video yang dikirimkan oleh peserta dan tanya jawab oleh juri kepada peserta yang dilakukan secara online atau daring melalui aplikasi google meet. LKTIN ini diikuti oleh puluhan universitas di Indonesia. Dari semua Universitas yang mendaftar dipilih 15 tim yang menjadi finalis yang teridiri dari 14 Universitas yang berbeda. Sedangkan seminar nasional diadakan setelah kegiatan LKTIN, yang diisi oleh pemateri-pemateri hebat seperti Supiandi (CEO dan Founder Berugak Lombok), Muhammad Khaerul Ikhwan (Direktur STIPark NTB), Sayuk Wibawati (Pemilik Nutsafir oleh-oleh khas Lombok), dan terakhir Ari Kurniawan (General Manager Enterprise Digitization PT Telkom Indonesia).

BACA JUGA  Keren, Semula Di Lesehan, Ini Hasil Diskusi Pemuda, LK2T dan Pemdes Wakan

Seminar nasional ditutup dengan pengumuman juara LKTIN, dimana Universitas Ahmad Dahlan peraih juara 1, diikuti oleh Universitas Gajah Mada juara 2, dan juara 3 diraih oleh Uinversitas Palangkaraya, tidak sampai disitu, LKTIN PRISMA yang diadakan oleh UKM PRIMA ini juga memberikan penghargaan kepada juara harapan 1 yaitu Universitas Mataram, Juara Harapan 2 Universitas Brawijaya, juara harapan 3 Universitas Indonesia, best poster yang dimenangkan oleh Universitas palangkaraya, dan best implementation yang dimenangkan oleh ITS , serta best paper oleh Universitas Ahmad Dahlan

BACA JUGA  Kabid Humas Polda NTB, Ingatkan Calon Taruna (Catar) Tak Tergiur Rayuan Oknum.

Diakhiri oleh Ketua Umum UKM PRIMA UNRAM yaitu Muhammad Vergiawan Saputra mengungkapkan rasa syukur, harapan serta ucapan terima kasih “Saya bersyukur kegiatan ini berjalan lancar walaupun ditengah pandemi, Kami harus tetap bisa menyelesaikan tanggung jawab Kami kepada semua peserta yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini dan untuk kedepannya semoga virus ini segera berakhir sehingga PRISMA selanjutnya bisa berjalan secara normal (offline). Dengan terlaksananya event PRISMA di tengah pandemi ini Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah berjuang dalam melaksanakan kegiatan ini”, tutupnya. (Bq.Mia Rexa)

3 Comments
  1. www.getinkpreferred.com says

    I like the vital information show forth in your brief write-ups.

  2. Click here says

    Hi there! I know this is kinda off topic however I’d figured I’d ask. Would you be interested in trading links or maybe guest writing a blog post or vice-versa? My site discusses a lot of the same topics as yours and I believe we could greatly benefit from each other. If you happen to be interested feel free to send me an email. I look forward to hearing from you! Terrific blog by the way!

  3. Lovely site! I am loving it!! Will be back later to read some more. I am bookmarking your feeds also.

Leave A Reply

Your email address will not be published.