Ekstrakurikuler Jurnalistik dan Amanah Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003, Ini Kata Karomi

72
Karomi,S.Pd,.M.Pd, Kepala SMK Gunung Rinjani Lombok


DUTARINJANI.ID. Undang-undang nomor 20 tahun 2003, berbicara tentang sistem pendidikan Nasional. Dalam ketentuan umum di undang-undang tersebut, dijelaskan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Untuk mewujudkannya, pemerintah melalui menteri pendidikan dan kebudayaan mengatur beberapa point penting terkait cara mewujudkannya. Salah satunya adalah dengan Kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan. Kegiatan ini disebut kegiatan Ekstrakurikuler yang selanjutnya diatur dalam Permendikbud nomor 62 tahun 2014 

BACA JUGA  PENTING!!! Ini Catatan Arlin Riskawati, Siswa SMK GRL terkait Kunjungan Ke DPRD Lotim

Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Khususnya SMK Gunung Rinjani Lombok, memandang bahwa kegiatan ekstrakurikuler itu sangat penting. Hal ini disesuaikan dengan tuntutan Alumni SMK yang harus siap kerja, atau setidaknya sesuai dengan definisi pendidikan diatas.

“Siswa SMK tidak harus terpaku dengan mata pelajaran yang sudah ditetapkan atau diajarkan di sekolah saja, namun harus mampu mencari praktik dan fakta dari apa yang dipelajari di sekolah, kemudian ditimba sebagai persiapan masa depan di dunia kerja,” kata Karomi, S.Pd,.M.Pd Kepala SMK Gunung Rinjani.

Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, minat, bakat, dan potensi di berbagai bidang. Kegiatan ini dianggarkan sekolah sebagai upaya untuk membangun Sumber Daya Manusia yang sesuai dengan tuntunan Undang-undang nomor 20 tahun 2003.

BACA JUGA  Perkembangan Zaman & Manfaat Ekstrakurikuler

“Baik untuk kegiatan Ekstrakurikuler dan Intrakurikuler, kami ingin ada wadah yang mempublikasikan untuk menyebarkan nilai-nilai informasi bahwa SMK bisa, nilai motivasi untuk siswa yang diberitakan dan nilai kreasi untuk siswa yang tergabung sebagai tim redaksi, makanya kami ingin ada Ekstrakurikuler Jurnalistik,” harapnya (mz/suararedaksi).

Leave A Reply

Your email address will not be published.