Di SD Negeri 13 Jerowaru, Peningkatan Kinerja Guru Diteliti H. Muhyi, S.Pd

154

KARYA ILMIAH, Lombokim – Peningkatan Kinerja Guru di SD Negeri 13 Jerowaru, diteliti. Penelitian terfokus pada bagaimana perencanaan, implementasi dan umpan balik supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja Guru di SD tersebut.

Peneliti, yaitu H. Muhyi, S. Pd mengatakan manfaat yang diharapkan dari penelitian ini diantaranya Manfaat Teoritis dan juga Manfaat Praktis.

“Manfaat yang bisa diambil dalam penelitian ini adalah untuk memperluas dan memperdalam data tentang profil guru, diantaranya terkait penghayatan terhadap nilai¬nilai kerja guru,” cetusnya.

BACA JUGA  Dibutuhkan Tokoh Eksternal untuk Gerakan Misi “Bermanfaat Sepanjang Masa”

Selain itu peneliti yang menjadi Kepala di SD Negeri 13 Jerowaru itu juga berharap penelitiannya bisa sebagai bahan masukan untuk menambah ilmu pengetahuan tentang pendidikan, khususnya manajemen supervisi akademik untuk peningkatan kinerja guru dan paradigma baru dalam dunia pendidikan.  

“Untuk manfaat praktisnya hasil penelitian Saya diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai bahan masukan dan sekaligus memberikan rekomendasi bagi pihak pengelola pendidikan,” lanjut H. Muhyi, S. Pd.

Dirincikannya, untuk Guru SD Negeri 13 Jerowaru, hasil penelitian ini diharapkan dapat memotivasi guru untuk selalu siap meningkatkan kemampuan mengajarnya. Sedangkan untuk Kepala Sekolah SD Negeri 13 Jerowaru hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemikiran yang dapat dijadikan acuan untuk mengembangkan kreatifitas supervisi akademik, yang mampu menjadikan guru merasa termotivasi untuk memperbaiki kekurangannya.

BACA JUGA  Dukung Kebijakan Sholat Jum'at, LK2T Sumbang Masker Untuk Desa Wakan

Sedangkan untuk Pengawas TK/SD yang mewakili UPTD TK/ SD Kecamatan Jerowaru diharapkan dapat bermanfaat untuk memberikan bantuan dalam program supervisi akademik di sekolah dengan memfasilitasi program umpan balik seperti kegiatan pembinaan yang lebih efektif.

“Penelitian ini juga diharapkan dapat digunakan menjadi bahan pertimbangan dalam membina kepala sekolah dan guru dalam rangka meningkatkan proses belajar mengajar di sekolah.”demikian H. Muhyi, S. Pd (omz)

Leave A Reply

Your email address will not be published.