Desa Gelora Didemo AMGM, Polres Lotim Beri Nasihat Begini

211

Gelora, LOMBOKim – Kantor Desa Gelora Kecamatan Sikur didemo ratusan pemuda dan masyarakatnya. Aksi masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Gelora Menggungat (AMGM) tersebut berkumpul sekitar pukul 09.00 wita, Jum’at (29/05/2020)

Massa terpantau berjalan kaki dari depan SMAN 1 Sikur, menuju kantor desa Gelora sambil melakukan orasi. Koordinator aksi dalam orasinya meminta Pemerintah Desa Gelora transparan dalam pengelolaan anggaran.

“Selama 8 tahun ini di Desa Gelora tidak pernah dipasang papan informasi pembangunan,” beber orator, Hadi Canon

Pihaknya juga meminta Kades Gelora untuk turun dari jabatannya. “Kami butuh transparansi, jika tidak mampu lebih baik mundur saja,” teriaknya.

Menjawab tuntutan massa, Kepala Desa Gelora, Nursamat menjawab bahwa Desa Gelora mndapatkam dana DD sebesar 1,3 milyar, untuk dipergunakan membangun desa. Sedang untuk bantuan dampak Covid-19 sama seperti desa lain yaitu bersumber dari BST, JPS Gemilang, JPS Pemkab dan BLT Desa.

Camat Sikur Lalu Putra bersama Forkopincam juga turun tangan untuk menemui massa aksi. Pihaknya berjanji akan memenuhi permintaan massa untuk diberikan semua data penerima bantuan di Desa Gelora sampai hari Rabu minggu depan.

Sementara itu, Tim gabungan Polres Lombok Timur terlihat bergerak cepat menangani masa yang berdemo di musim pandemi. Personil gabungan yang terdiri dari Personil Polsek Sikur, Polsek Masbagik dan Polsek Terara serta back up dari Satuan Sabhara Polres Lotim serta Koramil Terara, dibawah komando dari Waka Polres Lotim Kompol Kiki Firmansyah, S.I.K.

Mereka mengamankan situasi sehingga hearing warga berjalan tertib. Karena demo bertepatan dengan musim pandemi, Waka Polres meminta para perwakilan warga mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan physical distancing serta tetap menggunakan masker.

Kegiatan hearing berjalan lancar hingga warga membubarkan diri dengan tertib usai menyampaikan aspirasi, serta usai tuntutan mereka dipenuhi.

Sementara itu, Kapolres Lombok Timur melalui Kasubbag Humas, IPTU.Lalu Jaharuddin berharap kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya yang ada di desa Gelora, kecamatan Sikur untuk tetap menjaga Situasi Kamtibmas.

“Jangan mudah terprovokasi oleh oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab, agar rutinitas sehari – hari dapat berjalan seperti biasa, ” ujarnya.

Yang tidak kalah pentingnya kata Lalu Jaharuddin, kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga sosial distancing dan tetap menerapkan protokoler kesehatan. (omz/lie)

Comments are closed.