Berkolaborasi, P3LS Kembali Gelar Kegiatan Bersih-Bersih Diperairan Tanjung

164

Tanjung, LOMBOKim.com. Komunitas Penyelam Profesional Pulau Lombok dan Sumbawa (P3LS) NTB kembali melakukan aksi Bersih Bawah Laut (Underwater Clean Up). BerLokasi diperairan Dusun Jambi Anom, Desa Medana, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara (KLU), Sabtu (12/09/2020).

Ketua P3LS, Alfian mengatakan, lokasi kegiatan merupakan salah satu destinasi wisata, yang kerap dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, yang perlu dijaga dan dirawat oleh semua pihak.

“Kegiatan ini menjadi event rutin yang digelar pada akhir minggu pada setiap bulannya. Terhitung sudah kali keenam P3LS melaksanakan,” jelasnya.

Lanjut kata ketua P3LS yang akrab disapa Alfian, Kegiatan Kali ini, P3LS berkolaborasi dengan Yayasan Diver Clean Action serta Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Nusa Tenggara Barat. Aksi ini merupakan salah satu wujud kepedulian komunitas P3LS pada lingkungan perairan yang berada di NTB.

BACA JUGA  Kabur Dari Tempat Isolasi, Pasien Reaktif Corona Didor Polisi

“Tentunya, kegiatan ini turut mendukung program pemerintah NTB Zero Waste maupun program Nasional Indonesia Bebas Sampah yang menjadi salah satu program unggulan NTB Gemilang,” imbuhnya.

Lebih lanjut dia berharap, kegiatan ini bisa berlangsung dan menjadi pemantik gerakan untuk diadakan oleh semua komunitas kalau perlu setiap Bulan bahkan setiap minggu di lokasi yang berbeda di seluruh pesisir Prov NTB, baik pulau Lombok maupun Pulau Sumbawa.

“Besar harapan kami agar bisa berkolaborasi dengan pemerintah baik di tingkat kabupaten maupun provinsi untuk saling mendukung dan bersinergi,” ungkapnya.

Laut salah satu kawasan yang harus dijaga dan dilestarikan sehingga tetap kaya akan biotanya. Sampah plastik menjadi salah satu yang paling banyak ditemukan di bawah laut.

BACA JUGA  Di Ampenan, Timsus Ditresnarkoba Polda NTB Amankan Dua Orang Pengedar Sabu

Lanjutnya, jumlah sampah yang dikumpulkan pada aksi kali ini mencapai puluhan kilogram. Dan Peserta yang terlibat sebanyak 40 orang penyelam.

proses pemisahan sampah hasil pungutan dibawah laut berdasarkan jenisnya (Dok/P3LS)

Sampah hasil pungut di bawah laut dipisahkan berdasarkan jenisnya, proses pemisahan sampah dilakukan bersama dan ditimbang oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB.

“Sampah tersebut kemudian akan dibawa ke tempat Pembuangan Akhir (TPA) milik Provinsi NTB di Kebon Kongok,” Tutupnya. (R_Sa)

Leave A Reply

Your email address will not be published.