Benarkan Puasa Meningkatkan Daya Ingat? Kok Bisa!

148

LOMBOKim.com – Puasa bagi umat muslim berarti larangan untuk makan dan minum dari terbitnya matarahi sampai fajar. Jadi, apakah puasa menyebabkan kita kekurangan energi? Atau jangan-jangan berdampak buruk bagi kesehatan? Eits tunggu dulu. Ternyata puasa memiliki efek baik bagi kesehatan lho, berikut penjelasannya.

Menurut Mark Mattson seorang ahli saraf dari Jhons Hopkhins University, selama berpuasa tubuh manusia tidak mendapatkan suplai glukosa (sumber energi) dari makanan. Sehingga, tubuh akan menggunakan glikogen yang disimpan pada organ hati menjadi energi. Tubuh membutuhkan waktu 10 sampai 12 jam untuk menggunakan semua glikogen tersebut.

Setelah glikogen habis, maka terjadilah proses ketosis yaitu pembakaran lemak yang ada ditubuh. Proses pembakaran lemak ini menghasilkan senyawa keton yang merupakan sumber energi dan sangat penting untuk memori dan kesehatan otak secara keseluruhan.

Dikutip dari IDN times, selama berpuasa tubuh pun akan menghasilkan protein brain-derived neurotrophic factor/BDNF yang berfungsi dalam pematangan sel-sel otak. Ini berarti otak manusia mampu menciptakan lebih banyak sel memori dibandingkan pada kondisi biasa.

Jadi, orang yang berpuasa akan meningkatkan daya ingat dan mampu belajar lebih cepat berbeda dengan saat tidak puasa.

Oleh karena itu, siapapun dapat berpuasa terlepas dari kaitan agama dan ritualitas, karena sangat baik bagi kesehatan. Terlebih untuk umat muslim yang mendapatkan 2 benefit sekaligus yaitu memperoleh kebaikan berupa pahala dari segi rohaniah dan manfaat berupa kesehatan jasmani.

Hal ini pun dapat menyadarkan kita bahwa tubuhpun membutuhkan istirahat, bukan saja istirahat dari aktivitas atau rutinitas, akan tetapi dari konsumsi makanan yang tidak sehat dan berlebih.

Jadi, tidak ada alasan lagi bagi umat muslim untuk tidak berpuasa di bulan Ramadhan maupun puasa sunah senin dan kamis, karena sudah terbukti baik secara medis.

Kita harus memahami dibalik sunnah maupun perintah pasti ada kandungan kebaikan didalamnya. Namun, banyak dari kita yang masih belum menyadari terkait dengan hal itu. Selamat Berpuasa!!! (Farid Wajdi)

Comments are closed.