Bekali Mahasiswa, IKIP Mataram Gelar Pelatihan Jurnalistik

121

Mataram, LOMBOKim – Himpuanan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Luar Sekolah Institut Ilmu Pendidikan dan Keguruan (PLS IKIP Mataram) mengadakan Pelatihan Jurnalistik dengan Tema Menjadi Generasi Milenial, Sabtu, 6 Januari 2019.

Kegiatan yang dihadiri Jajaran Akademisi serta Pengurus HMPS PLS IKIP Mataram tersebut terselenggara dengan mengundang narasumber dari praktisi media baik media online, cetak dan media televisi, yakni wartawan TVRI Nusa Tenggara Barat, NTB Post dan Koran Merah kota Mataram.

Dalam kegiatan tersebut, Dekan IKIP Mataram yang diwakili oleh Wakil Dekan I, Suharyani, M.Pd mengapresiasi pelatihan Jurnalistik tersebut dengan mengatakan bahwa kegiatan mlek media ini harus diaplikasikan dan menjadi program prioritas.

“Untuk menjadi generasi milineal, kalian harus menyadari bahwa kalian semua adalah orang- orang yang masuk dalam generasi tersebut, mengerti apa itu generasi milenial serta bisa memanfaatkan media dengan baik dan bijak sebagai penghubung dan ciri khas kaum Milenial,” nasehatnya.

BACA JUGA  Proses Rekrutmen Praja IPDN Dapatkan Apresiasi Mendagri

Ketua Prodi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) yang juga ikut menyampaikan sambutan mengharapkan dengan adanya program pelatihan seperti ini, Mahasiswa/i nya mampu menguasai media secara utuh, sebab kaum milenial dituntut untuk menguasai media sebagai sumber informasi yang akurat, tepat dan membuat mahasiswa menjadi luas dalam bersalaman,”paparnya.

Pentingnya penguasaan media bagi kaum milenial tidak bisa dikesampingkan sebab era 20- an, semuanya serba digital, dan media sebagai unsur digital adalah milik publik jadi publik berhak memilikinya.

Ketua HMPS PLS IKIP Mataram, Ayuningsih pun ikut angkat suara, Dikatakan, kegiatan ini sebenarnya sudah direncanakan oleh Fakultas dan Jurusan setelah kami berdiskusi dengan inisiator pelatihan jurnalistik sekaligus dosen kami bapak Lalu Muazim, M.Pd, sebab beliau berpesan kepada kami selaku mahasiswa/i nya untuk memahami media, fungsi media serta beliau menawarkan kami dalam bentuk kerjasama dalam pengelolaan media online yang di pimpinnya yakni Simpul NTB dan kami mensyukuri inisiatif tersebut,” terang perempuan kelahiran Kabupaten Sumbawa tersebut.

BACA JUGA  BEM Fakultas Peternakan Unram Salurkan Bantuan Lawan Corona

Inisiator kegiatan pelatihan Jurnalistik, Lalu Muazim, M.Pd menjelaskan Kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut tidak terlepas dari kerjasama yang kooperatif dari jajaran Akademisi di Prodi PLS, pengurus HMPS PLS dan sahabat – sahabatnya yang merupakan praktisi dari media tersebut

“Terimakasih Saya sampaikan kepada Dekan, Ketua Prodi dan semua Akademisi di PLS IKIP Mataram, Pengurus HMPS dan sahabat media seperti pak Hamzan dari NTB Post, Mbak Sri Handayani reporter TVRI NTB dan M. Rizwan yang di Koran Merah, ” Kata Lalu Muazim.

BACA JUGA  BEM FAPERTA UGR Dilantik, Ini Kata Kanwil 6 IBEMPI

” Dari pihak Fakultas dan Jurusan PLS sendiri sangat open Minded dengan semua kegiatan akademik, “lanjut Lalu Muazim, M.Pd yang sekaligus sebagai dosen di Jurusan PLS tersebut. Dari Kegiatan pelatihan ini Muazim berharap bisa menjadi langkah kongkrit sebagai penunjang dari tujuan jurusan PLS sendiri

“Jurusan PLS berencana akan membuka komunikasi dan koordinasi dengan Dinas Dinas pemerintah kota Mataram dan pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat terkait dengan pendidikan luar sekolah, jadi planning tersebut tentu akan sangat efektif ketika fungsi media dapat diserap oleh seluruh mahasiswa/i jurusan Pendidikan Luar Sekolah sebab media selain berfungsi sebagai sumber informasi, juga sangat efektif sebagai sarana untuk memberikan edukasi dan menunjang inovasi”. jelas Lalu Muazim (Rizwan)

Foto Bersama Pemateri & Keluarga Besar HMPS Pendidikan Luar Sekolah saat Pelatihan Jurnalistik
Foto Bersama Pemateri & Keluarga Besar HMPS Pendidikan Luar Sekolah IKIP Mataram usai Pelatihan Jurnalistik (Sabtu, 6 Januari 2019)

Leave A Reply

Your email address will not be published.