Bangga! Himpunan Mahasiswa Perikanan Universitas Mataram Sukses Adakan Aqualine Festival

134

Universitasa Mataram, LOMBOKim.com – Himpunan Mahasiswa Perikanan Universitas Mataram mengadakan agenda tahunan yang bertajuk  ALFA (Aqualine Festival), yang memiliki rangkaian acara yaitu Lomba karya Tulis Ilmiah Nasional, E-Sport, Webinar, dan Dies Natalis Himpunan Mahasiswa Perikanan Universitas Mataram yang ke-14.

Arbi Arnandi selaku ketua panitia penyelenggara berterimakasih kepada sponsor Minagora Persada, Infishta dan media fatner LOMBOKim serta panitia yang telah membantu keberlangsungan acara.

“Kami mengucapkan terimaksih kepada sponsor Minagora Persada, Infishta dan media fatner LOMBOKim  serta panitia sehingga acara ALFA 2020 dapat berjalan lancar dan meriah,” ucap Arbi ketika sambutan dalam rangkaian acara ALFA 2020 Webinar Nasional, Ahad (25/10).

Dalam kesempatan yang sama Rahmat Wahyudi selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Perikanan 2020 mengungkapkan acara Webinar Nasional kali ini mengusung tema, “Peluang Dan Tantangan Budidaya Perikanan yang Berkelanjutan Pasca New Normal,” yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam capaian kesejahteraan dan kemajuan perikanan Indonesia pasca amandemen.

Lanjut Rahmat menjelaskan waktu rangkaian AlFA yaitu Lomba karya Tulis Ilmiah Nasional dilaksanakan pada bulan Juni-Oktober 2020, E-Sport dilaksanakan pada 29 Juni – 20 Juli 2020 dan  Webinar Nasional dan Dies Natalis tanggal 25 Oktober 2020.

Acara Webinar Nasional berlangsung dari jam 08:00-12:00 WITA yang diawali oleh sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Arbi Arnandi selaku ketua panitia penyelenggara, sambutan kedua oleh Rahmat Wahyudi selaku ketua himpunan Mahasiswa perikanan 2020, dan sambutan terakhir oleh Muhammad Junaedi selaku ketua jurusan ilmu kelautan dan perikanan.

Webinar Nasional dilaksanakan via zoom dan dipandu oleh moderator Laily F. Mulyani, S.Pi., MP selaku dosen Universitas Mataram. Dan diisi oleh tiga pemateri. Pemateri pertama pak Karim Marasabessy, S.P yang mewakili H. Yusron Hadi, S.T., MUM selaku Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Selanjutnya disampaikan oleh pemateri kedua yaitu Andika Gumilang Kushayadi, S.Pi., M.Si lagu founder dan CEO Minagorapersada, dan pemateri terakhir yaitu Ferry Sugandi, S.E selaku founder Infishta.

Pemateri pertama menyampaikan tentang potensi dan peluang perikanan cukup tinggi dan sebagian potensi tersebut telah dimanfaatkan. Kemudian tantangan dalam perikanan mencakup tentang penyakit ikan, degradasi, dll.

Pemateri kedua menyampaikan tentang pakan ikan yang dapat dimanfaatkan agar lebih efisien dalam kegiatan budidaya ikan. Hal ini penting dilakukan agar menghasilkan ikan sebanyak-banyaknya dengan biaya produksi rendah.

Pemateri ketiga menyampaikan tentang pembentukan ekosistem yang baik dari segi finansial, supaya bisa memberikan produk pembiayaan aquaculture atau perikanan yang ada di Indonesia.

“Alhamdulillah kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan disambut dengan antusias oleh peserta Webinar. Terbukti dengan banyaknya peserta yang ingin bertanya kepada pemateri Webinar,” tutup Rahmat. (Iz)

Comments are closed.