Awas, Kecemasan Berlebih dapat Menimbulkan Penyakit Ini

255

LOMBOKim.com – Sifat cemas hakikatnya adalah sebuah fitrah manusia yang diberikan oleh Allah SWT untuk membuat manusia lebih berhati-hati dalam mengambil sebuah tindakan.

Namun, taukah kita kecemasan yang berlebihan dapat meningkatkan asam lambung?

Syekh Ibnu Qayyim al-Jauziyah dalam bukunya rahasia pengobatan nabi SAW mengatakan kecemasan yang hebat dapat menyebabkan peningkatan asam lambung sehingga seseorang mempunyai kesempatan untuk menderita gangguan maag.

Dalam bahasa agama kecemasan yang berlebihan membuat seseorang seolah-olah tidak memiliki keyakinan kepada Allah SWT. Mereka tidak yakin bahwa Allah SWT memiliki kekuasaan atas semua hal. Ia lupa bahwa Allah SWT bersamanya.

Ketika seseorang melupakan Allah SWT, berarti dia menanggung masalah sendirian. Akibatnya, hati, pikiran, dan perasaannya seringkali tak mampu menjawab persoalan yang dihadapi.

Padahal beban permasalahan yang terlalu berat dapat menggangu syaraf otak, menurunkan sistem imun, dan meningkatkan kadar asam lambung. Dampaknya, Ia akan mudah terserang sakit kepala, mual, muntah, sakit perut, lemas, bahkan pingsan.

Menurut pakar kesehatan, bahwa sakit kepala (rasa pening) yang dahsyat, gelisah disertai tubuh terasa melayang dan sempoyongan merupakan gangguan fisik yang disebabkan oleh kecemasan/ketakutan yang berlebih.

Gejala ini seringkali karena tekanan mental atau stress yang disebabkan banyaknya masalah, misalnya masalah yang berkaitan dengan pekerjaan, dengan orang-orang terdekat atau teman, penyakit serius, atau kematian salah satu anggota keluarga.

Oleh karena itu, sebagai umat muslim seyogyanya, apapun permasalahan yang kita hadapi harus dikembalikan kepada Allah SWT karena apa yang menurut kita baik belum tentu baik menurut Allah SWT, dan apa yang menurut kita buruk belum tentu buruk menurut Allah SWT. Wallahuallam bissawab.  (Iz)

Comments are closed.