Awas! Hindari Makanan Ini saat Berbuka Puasa

161

LOMBOKim.com – Bulan Suci Ramadhan menjadi bulan yang paling dinanti oleh seluruh umat muslim diseluruh dunia. Selain karena keutamaan bulan ini yang sangat banyak. Salah satunya, ketika seseorang berbuat kebaikan maka pahalanya akan dilipat gandakan dari bulan bisanya. Dan juga, ada salah satu momen yang paling dinanti saat puasa yaitu momen saat berbuka puasa.

Yeps, saat berbuka puasa rasanya ingin melahap semua hidangan di atas meja makan. Bagaimana tidak? Ada berbagai jenis hidangan yang menggugah selera. Sampai-sampai terkadang bingung harus makan yang mana, karena biasanya para tetangga saling berbagi makanan untuk berbuka puasa.

Namun tahukan kita? Tidak semua makanan baik untuk tubuh kita. Ada beberapa jenis makan yang harus dihindari agar tubuh kita kuat dalam saat puasa.

Dilansir dari Halodoc ada 4 makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa antara lain:

  • Makanan Tinggi Gula

Salah satu jenis makanan yang harus dihindari adalah makanan kaya akan kandungan gula. Beberapa makanan yang kaya akan kandungan gula seperti coklat dan permen. Makanan ini harus dihindari karena mengandung kalori yang tinggi dan gizi yang rendah. Makanan ini dapat mengakibatkan naiknya berat badan dan akan mengganggu kesehatan.

  • Makana yang Digoreng

Jenis makanan lain harus dihindari adalah makanan yang digoreng karena makanan tersebut telalu banyak mengandung lemak dan saat dimakan akan disimpan tubuh sebagai jaringan lemak. Telalu banyak mengkonsumsi makanan ini dapat mengakibatkan tingkat keasaman pada tubuh dan gangguan pencernaan.

  • Makanan Pedas

Jenis makanan yang satu ini harus dihindari terutama saat berbuka puasa. Telalu banyak mengkonsumsi makanan pedas dapat mengakibatkan gangguan pada  pencernaan dan  diare. Tentu tidak enak rasanya jika saat berpuasa kita sakit perut akibat diare.

  • Makanan Asin

Untuk jenis makanan ini harus dihindari saat dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama akan mengakibatkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Selain itu hindari makanan ini saat sahur agar tidak terjadi dehidrasi.

Itulah berberapa jenis makanan yang harus dihindari ketika berbuka puasa. Hal ini sangat berguna agar puasa yang kita lakukan satu bulan penuh dapat berjalan dengan lancar. Tentu kita semua tidak ingin ada gangguan kesehatan yang dapat menggangu puasa kita. Akhirnya, semoga puasa kita berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan dan hambatan. (Izhar Ependi)

Comments are closed.