Arti Nama Mataram dan asal usulnya, Lokasinya ada di Lombok, Jawa dan lain – lain

212

Mataram, LOMBOKim – Mataram adalah nama sebuah tempat, secara nasional lebih populer sebagai nama sebuah kerajaan.

Di Lombok, Mataram adalah nama ibu kota provinsi Nusa Tenggara Barat. Sedangkan di Jawa dan di beberapa tempat, Mataram adalah tempat, nama kerajaan bahkan nama perusahaan.

Berbicara soal kerajaaan, diinformasikan bahwa, dahulu kala Mataram ini termasuk kerajaan kuat di Jawa. Disebut juga merupakan kesultanan yang menyatukan sebagian besar pulau Jawa, Madura, dan Sukadana (Kalimantan Barat).

Namun, informasi terkait masih membutuhkan rujukan, termasuk tulisan yang ada di Wikipedia menjelaskan, masih membutuhkan rujukan.

Asal Usul dan Arti Nama Mataram

Mataram artinya ibu jika dilihat dari (Aksara Bengal: মাতরম্‌; Hindi/Sanskrit: मातरम्; Tamil: மாதரம்;Telugu: “మాతరం”; Mātaram) yang berarti “Ibu”. Tulisan Agung Webe lebih spesifik menjelaskan arti Mataram.

Disebutkannya bahwa Mataram adalah gabungan dari kata “Mata” dan “Ram”. Dalam bahasa Jawa Kuno, “mata” berarti mata atau ujung atau “semata-mata”,  satu-satunya.

Masih menurut Agung Webe, Bila fonem mata menjadi ma’, maka artinya ibu. Dalam bahasa  Sanskerta kosa kata “mata” tidak ada, yang ada ialah “maataa” yang artinya ibu. Dan, bila mata diartikan ibu, itu berarti pembakuan dari fonem ma’ yang merupakan salah satu arti mata dalam kosa kata bahasa Jawa Kuno.

“Kosa kata “ram” tidak ada di Sanskerta. Kata “ram” merupakan kosa kata Jawa Kuno yang artinya “ibu” atau “tetua”. Di Sanskerta ada entri kata “rama” tetapi ini nama dari tokoh RAMA (Prabu Rama). Tetapi, setelah kisah Ramayana masuk Jawa, maka arti “rama” adalah ayah,”lanjutnya.

Jalan Ke Mataram

Fokus membahas Mataram yang ada di Nusa Tenggara Barat, menuju Mataram bisa dilalui dari banyak arah. Karena merupakan ibu kota provinsi NTB dan Ibu Kota “Kota Mataram” maka secara umum di gambarkan.

Jika batour dari luar daerah maka ada beberapa akses menuju kesini, diantaranya melalui akses udara yaitu di Bandara Internasional Lombok atau Bandara TGKH Muhammad Zaiunudin Abdul Majid.

Jalan ke Mataram Melalui akses laut bisa melalui pelabuhan lembar, pelabuhan kayangan dan pelabuhan – pelabuhan kecil lainnya seperti Pelabuhan Gili Trawangan, Lombok, Dermaga Tanjung Luar, Lombok, Pelabuhan Pemenang atau Kantor UPP Kelas II Pemenang, Lombok dan lain – lain.

Jika sudah sampai di Lombok maka batour  akan banyak menemukan  peta peta Geosite  yang menunjukkan arak ke Kota Mataram.

Informasi terkait Arti Nama ini masih dalam tahap pengembangan. Akan diperbaiki apabila ada keterangan tambahan. Batour bisa membantu memperbaiki informasi terkait, dengan berkomentar di kolom komentar atau bisa juga di page diskusi LOMBOKim.

Batour juga bisa menekan tombol tag (#) arti nama, tag local guide, tag jalan ke desa dan tag lain yang ingin dibantu untuk diperbaiki. Semoga informasi ini bermanfaat, jangan lupa Sholawat,Istighfar dan doa Al-Fatihahnya yah. (mz)

Leave A Reply

Your email address will not be published.