Arti Nama Gelumpe dan Asal Usulnya, Lokasinya di Kecamatan Keruak.

468

Ketangga Jeraeng, LOMBOKim – Gelumpe adalah nama sebuah dusun di desa Ketangga Jeraeng, Kecamatan Keruak. Dulu gelumpe ini dusunnya adalah Dusun Wates, desa Ketangga Jeraeng Kecamatan Keruak, Lombok Timur, NTB.

Arti nama gelumpe menurut tetua yang ada di lokasi ini masih simpang siur. Hanya asal usulnya yang mereka ketahui. Namun demikian, gelumpe dikatakan sebagai nama sebuah pohon.

Gelumpe juga disebut sebagai orong gelumpe, dan itulah nama dusunnya yaitu Dusun Orong Gelumpe, berdasarkan keterangan di papan pengumuman Kepala Wilayah, sesuai foto tangkap layar video 7 Juni 2020.

BACA JUGA  Reviuw Ekas Breaks dari Portalnya, Begini Caranya Ke Ekas

Jika dikaitkan antara nama pohon dan nama orong yang banyak pakar mengartikannya sebagai jalan kecil atau setapak maka bisa diasumsikan bahwa dulu di tempat ini banyak pohon Gelumpe ditepi jalan.

Menuju Dusun ini bisa melalui 3 jalur. Jalur utara bisa melalui desa Bungtiang Kecamatan Sakra Barat, melaju ke arah selatan melewati desa Boyemare, dan tibalah Anda di Dusun Gelumpe setelah berjalan sekitar 3 kilometer dari desa Bungtiang

Jalan ke Dusun Orong Gelumpe melalui jalur selatan, bisa melalui Desa Selebung, Kecamatan Keruak. Jarak dari desa ini sekitar 2 kilometer, setelah melewati kantor desa Ketangga Jeraeng.

Sedangkan dari arah timur bisa melalui Desa Pijot. Di pertigaan mertak, ada jalan ke arah barat. Batour akan melalui nama – nama pemukiman sebelum sampai di Dusun Orong Gelumpe.

Nama – nama pemukiman yang akan dilalui adalah Teminyak, Kedumpeng, Wates dan tibalah Anda di Dusun Gelumpe setelah melalui jalan sekitar 3 kilometer.

BACA JUGA  Pemuda Wates Kecewa Tak Dapat Dana Karang Taruna, Ini Kata Kades Ketangga Jeraeng

Informasi terkait Arti Nama ini masih dalam tahap pengembangan. Akan diperbaiki apabila ada keterangan tambahan. Batour bisa membantu memperbaiki informasi terkait, dengan berkomentar di kolom komentar atau bisa juga di page diskusi LOMBOKim.

Batour juga bisa menekan tombol tag (#) arti nama, tag local guide, tag jalan ke desa dan tag lain yang ingin dibantu untuk diperbaiki. Semoga informasi ini bermanfaat, jangan lupa Sholawat,Istighfar dan doa Al-Fatihahnya yah. (mz)

Comments are closed.