Apa Program Kreativitas Mahasiswa? Yuk Simak Penjelasan Berikut.

38

Mataram, LOMBOKim – Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah salah satu lomba paling bergengsi yang diadakan oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bagi seluruh Perguruan Tinggi yang berada di bawah naungan Kemenristekdikti dan hasilnya menjadi salah satu penentu akreditasi kampus.

Selain itu, Kemenristekdikti memberikan dana insentif untuk proposal yang sudah dinilai oleh reviwer yang dinyatakan layak untuk diimplementasikan dan didanai.

Penyediaan dana bersifat kompetitif, akuntabel dan transparan, hal tersebut akan dipertanggungjawabkan pada akhir kegiatan.

Masing-masing kelompok yang didanai akan mempresentasikan hasil implementasi program PKM yang dijalankan dan akan dipilih beberapa kelompok dari setiap PT untuk mengikuti tahap selanjutnya yaitu PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa).

PKM dikembangkan agar mahasiswa mampu memberikan pencerahan kreativitas dan inovasi berdasarkan penguasaan sains dan teknologi.

BACA JUGA  Atasi Sampah Kota, Rohman Farly Tawarkan Aplikasi ini

Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggung jawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni (Pedoman PKM 2021).

PKM Center Universitas Mataram

Universitas Mataram sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia memiliki PKM Center.

PKM Center di Universitas Mataram merupakan salah satu organisasi yang berbentuk BSO (Badan Semi Otonom) yang menjadi bagian dari UKM PRIMA (Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Riset Ilmiah Mahasiswa) yang berada di Universitas Mataram.

BACA JUGA  Satu Berita dari Media, Dapat Mempengaruhi Jutaan Jiwa

Dalam rangka mensukseskan Festa PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), PKM Center mengadakan Open Recruitmen panitia yang dibuka untuk seluruh mahasiswa/i aktif semester 1-7 Universitas Mataram.

Andra (ketua panitia Festa PKM) menjelaskan bawa Festa PKM merupakan festival tahunan yang diadakan oleh BSO PKM Center bekerjasama dengan UKM PRIMA dan penguat PKM Universitas Mataram.

Kegiatan ini sendiri memiliki target dimana Festa PKM diadakan agar UNRAM bisa masuk klaster II PKM yang diadakan oleh Kemenristekdikti setiap tahunnya, dan harapannya tahun depan UNRAM bisa menghasilkan 1000 PKM, tutur Anda belum lama ini.

BACA JUGA  Strategi Hadapi Resesi Ekonomi, Wagub NTB Minta Perkuat Kemampuan Pemuda

Lanjut Andra, sistem Festa PKM mirip dengan proposal PKM yang diajukan ke dikti namun tidak langsung didanai, Festa PKM ini bertujuan untuk menarik minat bakat mahasiswa dalam menyusun dan mempersiapkan PKM untuk di submit pada lomba PKM yang akan diadakan Kemenristekdikti pada tahun 2022 mendatang.

Salah satu yang menarik dalam kegiatan ini adalah klinik PKM disediakan untuk konsultasi terkait proposal yang sedang disusun.

Selain itu PKM Center juga berencana untuk menyediakan piala bergilir bagi fakultas yang paling banyak mengikuti Festa PKM, dimana hal tersebut dilihat dari banyaknya jumlah ketua yang berasal dari fakultas yang sama maka yang mendominasi fakultasnya akan mendapatkan piala bergilir tersebut, tambah Andra. (Susan)

Comments are closed.