Apa Itu UKM PRIMA UNRAM, Yuk Simak Penjelasan Berikut!!

529

Mataram, LOMBOKim – UKM PRIMA UNRAM merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa di Universitas Mataram yang berkecimpung di dunia kepenulisan dan riset ilmiah. Berawal dari komunitas kecil yang peduli akan pentingnya penalaran dan riset di NTB khususnya di Universitas Mataram yang bernama Komunitas Ilmiah Mahasiswa (KIM), berdirilah Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Riset Mahasiswa (PRIMA) Universitas Mataram.

Diskusi-diskusi ilmiah mulai disuarakan dikalangan mahasiswa Universitas Mataram yang pada saat itu masih terfokus pada kondisi politik kampus. Geliat penulisan dan penelitian ditumbuhkan dalam hati dan pikiran mahasiswa yang tergabung dalam KIM. Kesadaran akan pentingnya penalaran dan riset ilmiah mengantarkan pendirian UKM PRIMA dan cita-cita mulia itu terus diperjuangkan dan dikembangkan oleh UKM PRIMA sampai saat ini. Hingga saat ini UKM PRIMA menjadi UKM terbesar di NTB yang bergerak dalam bidang penalaran dan riset ilmiah. (Pengurus UKM PRIMA)

Selain itu Samsul Sahidi menjelaskan bahwa, UKM PRIMA UNRAM memiliki banyak program yang menarik salah satunya kelas yaitu; kelas penalaran, kelas bidikprestasi, dan kelas riset. Bukan hanya itu, UKM PRIMA juga mengadakan beberapa event nasional, antara lain; PRISMA (Pekan Riset Ilmiah Mahasiswa Nasional), NEC (National Essay Competition), dan WDSC (Workshop Digital Startup Competition Nasional). Jika dilihat dari program yang diadakan tak heran kader-kader dari UKM PRIMA dapat menorehkan banyak prestasi mulai dari tingkat universitas, regional, nasional hingga internasional.

BACA JUGA  NTB Tergetkan Pada Tahun 2022 Raih Predikat A Untuk Evaluasi SAKIP

Idi melanjutkan, UKM PRIMA sudah berdiri selama 12 tahun dan sebentar lagi akan memamsuki tahun ke 13, saat ini UKM PRIMA sedang melakukan ORIMA (open recruitement anggota prima). Penerimaan anggota baru terbuka bagi seluruh mahasiswa/i Universitas Mataram mulai dari semester 1-5 yang ingin berkecimpung di bidang penalaran dan riset ilmiah. (Susan)

Comments are closed.