Aktivis Karang Taruna Anjani tentang Juwisata SMK Gunung Rinjani Lombok

4.603

Catatan dibawah ini ditulis oleh Nendi Wahyu, Pemuda, Mahasiswa UGR, sekaligus penggerak Karang Taruna Sinar Gema Lestari,salah satu organisasi pemuda dibawah naungan Karang Taruna Desa Anjani.

Tulisan ini aslinya berjudul SMK GRL : MENYELAMI KEHIDUPAN PMKS MELALUI LATIHAN JURNALIS yang dikirim via WhatsAp. Catatan Admin Rinjani Muda yang juga merupakan Ketua Lembaga Sosial Desa (LDS) binaan ADBMI Foundation di Desa Anjani ini, semoga menjadi motivasi untuk Anggota Jurnalistik Pelajar SMK Gunung Rinjani Lombok atau dutarinjani.club


Anjani, LOMBOKim –Sekolah Menengah Kejuruan Gunung Rinjani Lombok (SMK GRL ) melaksanakan program Jurnalisme Adiwisata (Juwisata) di Dusun Anjani Timur Desa Anjani kecamatan Suralaga pada Minggu (26/01/2019) dengan didampingi oleh pembina Jurnalistik Pelajar  yaitu Bapak Muhammad Hamzanwadi.

Jurnalisme Adiwisata diwisata yang merupakan ekstrakulikuler  Sekolah Menengah Kejuruan Gunung Rinjani  yang bertujuan untuk memperkenalkan siswa dengan Dunia penulisan dan untuk menstimulus kepekaan sosial  siswa agar mereka lebih mengenal masyarakat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS)  di antaranya orang tua Jompo, yatim piatu, dan  disabilitas.

Sekitar 20  siswa yang dibagi menjadi lima kelompok dengan mengunjungi masing masing PMKS sekaligus mewawancari untuk dijadikan bahan tulisan ini terlebih dahulu meminta nasehat dan doa dari masyarakat  yang akan diwawancarai biar berkah dan dan mendapatkan hasil yang baik. Dalam proses wawancara tidak sedikit siswa tertunduk haru  karena bisa langsung melihat dengan jelas kehidupan masyarakat penyandang masalah kesejahteraan sosial yang serba kekurangan di Dusun Anjani Timur.

Arlin Riskawati saat Memberikan Bingkisan dalam Momen Juwisata

“Selain berlatih berkomunikasi, hari ini saya sungguh belajar arti ketegaran dari mereka, yang serba kekurangan tapi tetap bisa bertahan dan tersenyum,”jelas Arlin Riskawati salah satu ketua kelompok dari 5 kelompok yang mendapat bagian mewawancarai penyandang disabilitas.

Terlihat juga Mantan Kepala Dusun Anjani Timur Muhammad Hanudin sekaligus Penasehat Organisasi Sinar Gema Lestari Desa Anjani yang sangat mengapresiasi kegiatan yang digalang oleh siswa, ini terlihat dari ikut terjunnya Dalam membantu dan mendampingi  siswa dalam proses wawancara.

“Ini adalah kegiatan luar biasa, langkah yang baik untuk memberikan dasar kepedulian sosial bagi anak, ungkapnya.

Sehingga pada pukul 11: 30 wita  proses wawancara bisa diselsaikan oleh semua kelompok, dan menutupnya dengan pemberian bingkisan kepada Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial PMKS Anjani Timur. (Nendi)

Leave A Reply

Your email address will not be published.